Gejala Tipes di Segala Usia dan Cara Mengobatinya

Waspadai Gejala Tipes Ini dan Tangani Sampai Tuntas

Gejala tipes tentunya wajib diketahui sebagai langkah pencegahan dari penyakit tersebut. Penyakit tipes adalah penyakit yang cukup familiar di kalangan masyarakat. Penyakit ini menyerang organ pencernaan manusia, tepatnya di bagian usus halus. Menurut ahli kesehatan, penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bisa saja masuk lewat makanan yang dikonsumsi, yaitu bakteri salmonella thiphy. Jangan meremehkan penyakit tipes karena jika tidak lekas ditangani, penyakit gangguan pencernaan ini bisa saja merenggut penderitanya.

Salah satu gejala yang paling sering dirasakan oleh penderita tipes adalah mual dan muntah. Tetapi apakah gejala dari tipes hanya sebatas itu saja? Ternyata ketika bakteri salmonella menyerang organ pencernaan manusia, bakteri itu akan menimbulkan gejala tipus 2 minggu kemudian. Gejalanyapun beragam sehingga Anda bisa mewaspdainya sejak ini. Gejalanya juga dapat berubah dari minggu ke minggu. Makanya, tak ada salahnya Anda tahu apa saja gejala dari penyakit tipus dari minggu pertama sampai minggu minggu berikutnya. Simak baik-baik ya!

Gejala Penyakit Tipus

  1. Minggu Pertama

Sudah dikatakan bahwa gejala dari penyakit tipus ini beragam dan berbeda dari waktu ke waktu. Biasanya ketika penyakit tipus menyerang pada minggu pertama, yang akan dirasakan penderitanya adalah demam. Tetapi demamnya tidak seperti biasanya karena lama-kelamaan akan meningkat hingga mencapai 40 derajat celcius. Jadi, Anda harus waspada ketika demam menyerang tiba-tiba. Siapa tahu Anda sedang terjangkit penyakit tipus. Tak hanya itu saja, pada minggu pertama, penderita juga akan merasakan kelelahan yang amat sangat, batuk-batuk, tidak nafsu makan sampai dengan terserang diare. Jika ANda sudah merasakan gejala tipes minggu pertama, tak ada salahnya Anda langsung pergi ke dokter.

  1. Minggu Kedua

Biasanya memang penderita sering menyepelekan gejala tipes pada minggu pertama. Misalnya pada saat Anda mengalami kelelahan, pastilah beberapa dari Anda tidak akan langsung curiga pada tipus melainkan hanya akan berpikir bahwa tubuh Anda kelelahan karena banyak aktivitas. Jika gejala pada minggu pertama tidak disadari dengan baik, yang ada gejala minggu kedua akan segera Anda rasakan. Gejala tipes minggu kedua adalah demam yang tidak kunjung turun, diare yang semakin menjadi-jadi, dan berat badan akan turun karena Anda tidak memiliki nafsu untuk menyantap makanan.

  1. Minggu Ketiga

Lagi-lagi gejala tipes yang sudah mulai Nampak kadang tidak disadari oleh penderitanya. Entah enggan malas periksa atau terlalu santai memikirkan kesehatan tubuhnya yang makin hari makin memburuk saja. Gejala tipes minggu ketiga bisa dikatakan sudah cukup mengancam jiwa penderita. Bayangkan saja, jika tidak segera diobati, tubuh penderita lama kelamaan akan terserang komplikasi, khususnya komplikasi organ pencernaannya. Belum lagi demam yang terus meninggi membuat penderita sering menggigau ketika tidur. Dan satu lagi, tubuhnya juga terlihat lemah tak berdaya dari hari ke hari. Ditambah mata yang terlihat sayu akan semakin membuat penderita semakin mengenaskan jika dilihat.

  1. Minggu Keempat

Gejala tipus pada minggu keempat terbilang cukup jarang terjadi karena pada minggu kedua dan ketiga biasanya penderita sudah merasakan gejala yang tak bagus pada tubuhnya. Jika masih ada yang tetap bandel dan tidak bergegas ke dokter, resiko terburuknya adalah penyakit komplikasi pada tubuh dan jika tidak tertolong bisa saja membuat nyawa Anda melayang. Tentu saja Anda tidak ingin pasrah terhadap bakteri salmonella bukan? Makanya. Anda pun juga harus lebih sering memantau kesehatan organ pencernaan supaya tipus tidak menyerang tubuh Anda.

 Yang perlu Anda ingat, meskipun Anda sudah memeriksakan diri Anda ke dokter, pastikan Anda meminum obatnya sampai habis. Jangan berpikir karena Anda sudah merasa mendingan, Anda kemudian tidak mau lagi mengkonsumsi obat tipes.  Jika Anda menyepelekan pengobatan tipes, bisa saja penyakit itu kembali menyerang setelah demam reda selama 2 minggu. Biasanya masa penyembuhan tipus kurang lebih sampai 10 hari sehingga Anda benar-benar harus memastikannya agar tipes tidak lagi menyerang.  Jadi pastikan Anda tahu apa saja gejala tipes dan segera pergi ke dokter jika Anda sudah merasakan salah satu gejalanya. Jangan menunda-nunda karena kesehatan Anda patut untuk diprioritaskan!

Like and Share ya 🙂