Perut Kanan Bawah Sakit

Waspada! 8 Penyakit Ini Penyebab Perut Kanan Bawah Sakit

Bagi Anda yang sering merasa perut kanan bawah sakit, maka Anda perlu waspada. Terdapat beberapa penyakit yang turut andil dalam rasa sakit pada perut kanan bawah. Mengenali gejala lain sangatlah penting untuk mengetahui penyebabnya sehingga bisa dilakukan perawatan yang tepat.

8 Penyakit dengan Gejala Sakit pada Perut Kanan Bawah

Beberapa penyakit mungkin memiliki gejala yang hampir sama sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapatkan diagnosis. Begitu juga perut kanan bawah sakit yang bisa disebabkan oleh beberapa penyakit di bawah ini:

  • Appendicitis (Radang usus buntu)

Apendix atau usus buntu berada di perut bagian kanan bawah. Apabila terjadi peradangan pada apendix maka akan terasa nyeri pada perut kanan bawah, mual, muntah, dan nafsu makan hilang. Penyakit ini dikenal dengan istilah appendicitis.

  • Kista ovarium kanan

Sebagian besar kista tidak menimbulkan gejala dan bisa sembuh sendiri. Namun, jika kista ovarium mulai membesar dapat menimbulkan rasa sakit pada perut. Gejala lain yang biasanya ikut muncul adalah sering merasa ingin kencing.

  • Salpingitis kanan

Infeksi dapat terjadi pada bagian tuba falopi kanan hingga menyebabkan radang. Oleh karena itu, rasa sakit juga akan timbul pada bagian perut kanan bawah. Biasanya, penyakit ini akan disertai gejala lain berupa demam.

  • Kehamilan Ektopik (hamil di luar kandungan)

Hamil di luar kandungan berarti kehamilan berada di tuba falopi (saluran telur) bagian kanan. Kehamilan ini biasanya akan terganggu, pecah hingga mengalami keguguran. Kelainan ini dapat menyebabkan sakit perut bagian kanan bawah.

  • Endometriosis

Endometriosis terjadi saat jaringan endometrium (lapisan rahim) tumbuh di luar rahim, seperti usus, ovarium, atau rongga pelvis dimana seharusnya tumbuh di rahim. Penyakit ini dapat menyebabkan perut kanan bawah sakit, terutama saat menstruasi.

  • Hernia Inguinalis

Penyakit ini terjadi bila jaringan lunak menonjol melawati titik lemah otot perut. Jaringan ini yang bersangkutan biasanya bagian dari membran yang melapisi omentum (rongga perut) atau bagian usus.

  • Obstruksi usus (usus tersumbat)

Gejala yang timbul biasanya tidak hanya melibatkan perut kanan bawah, tapi juga bisa bagian kiri. Biasanya, gejala juga disertai rasa mual, muntah, dan perut kembung jadi Anda harus memeriksanya lebih lanjut.

  • Ureterolithiasis (batu ureter) kanan

Saluran kencing ini terdiri dari dua bagian, yaitu kanan dan kiri. Rasa sakit perut bagian kanan bawah biasanya disebabkan karena adanya batu pada saluran ureter. Gejala ini juga sering disertai dengan nyeri panggung, rasa mual, dan rasa sakit menjalar ke daerah buah zakar pada laki-laki.

Itulah beberapa penyakit penyebab perut kanan bawah sakit. Pemeriksaan lebih lanjut harus segera dilakukan untuk mengetahui penyebab dan perawatan yang tepat,  terutama jika Anda sedang hamil. Berbagai artikel bermanfaat untuk menjaga kesehatan saat hamil bisa Anda dapatkan di Orami.

Like and Share ya 🙂