Tips Perawatan AC Agar Anda Jarang Ke Tempat Service

Tips Perawatan AC Agar Anda Jarang Ke Tempat Service

Perawatan pada AC mobil adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Memang, ada tempat service AC mobil yang siap membantu Anda untuk melakukan perbaikan jika kerusakan AC mobil muncul. Hanya saja, tentu akan sangat merepotkan jika perbaikan dilakukan terlalu sering, terutama untuk Anda yang menggunakan mobil dalam urusan harian.

Oleh karena itu, sebagai langkah antisipasi, maka Anda perlu melakukan perawatan pada AC mobil. Memang, langkah perawatan ini tidak akan menghindarkan AC mobil dari kerusakan. Ya, kerusakan AC mobil memang tetap akan terjadi. Namun, minimal, umur AC mobil akan lebih lama dan Anda tidak perlu terlalu sering untuk melakukan perbaikan.

Beberapa Tips Mudah Perawatan AC Mobil

Berbincang tentang perawatan yang bisa dilakukan untuk AC mobil, Anda akan menemukan beberapa langkah yang sebenarnya sangat sederhana dan mudah dilakukan. Ide perawatan ini tentu akan sangat berguna jika dilakukan secara kontinu.

Nah, adapun beberapa tips mudah yang bisa dilakukan untuk merawat AC mobil agar cenderung lebih awet adalah sebagai berikut:

  • Hindari membuka jendela saat AC menyala

Salah satu cara perawatan AC mobil yang sangat mudah dan cenderung tepat untuk dilakukan. Nah, apa yang menyebabkan jendela AC harus ditutup saat AC menyala adalah agar AC tidak bekerja terlalu keras.

Perlu diketahui bahwa ketika jendela mobil di buka, maka debu yang ada di luar mobil akan masuk ke dalam kabin. Selain itu, udara panas juga akan masuk ke dalam dan membuat AC akan bekerja lebih keras untuk menurunkan suhu. Kondisi ini jika berlangsung terlalu lama tentu saja akan membuat AC tidak akan bekerja dengan optimal dan rusak.

  • Hindari merokok saat AC menyala

Merokok saat berkendara terkadang sering dilakukan dengan alasan agar tidak mengantuk, terutama saat perjalanan panjang. Namun, jika Anda menyalakan AC mobil, maka hindari untuk menyalakan rokok Anda. Ini adalah salah satu cara perawatan AC yang sebaiknya dilakukan.

Apa yang menjadi dasar dari larangan ini adalah asap dari rokok akan membuat filter AC cenderung lebih mudah kotor. Jika filter AC tersebut kotor, maka kinerja AC akan menurun dan efeknya kenyamanan berkendara tentu saja juga akan berkurang. Anda pasti sangat tidak menginginkannya, bukan?

  • Bersihkan kabin mobil secara berkala

Bentuk perawatan AC mobil lain yang cukup penting untuk Anda lakukan adalah membersihkan kabin mobil secara berkala. Ini adalah hal yang sebaiknya Anda lakukan untuk merawat AC agar AC mobil tidak mudah rusak dan cenderung memiliki usia yang panjang.

Nah, pembersihan kabin ini sangat penting dilakukan karena akan berpengaruh pada kinerja AC. Kabin mobil yang terlalu kotor dan berdebu akan membuat AC bekerja lebih keras untuk membersihkan debu tersebut. Hal ini tentu kurang baik karena komponen AC akan mudah panas dan cepat rusak.

  • Rawat komponen AC

Perawatan pada komponen AC menjadi hal yang sangat krusial untuk dilakukan. Ya, detail komponen AC akan berpengaruh pada kinerja AC mobil secara umum. Jika komponen berada dalam kondisi yang baik, maka AC mobil juga akan bekerja secara optimal.

Dalam hal ini, penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan secara berkala. Salah satu yang paling penting adalah pastikan freon berada dalam level yang aman. Selain itu, cek kondisi filter dan pastikan jika filter bersih dan tidak terlalu kotor.

Nah, beberapa hal di atas bisa Anda lakukan dengan baik untuk merawat AC mobil. Jika beragam hal tadi Anda lakukan, maka Anda tentu akan cukup jarang pergi ke bengkel AC mobil.

Like and Share ya 🙂