Tips Mengendarai Mobil dengan Benar di Jalanan yang Macet

Tips Mengendarai Mobil dengan Benar di Jalanan yang MacetBeberapa wilayah di Indonesia memiliki jalanan yang macetnya parah. Salah satu wilayah yang sering mengalami kemacetan ada di wilayah Tangerang. Tangerang sendiri ini berada di provinsi Banten ini memiliki 33 titik kemacetan. Hal ini tentu bisa membahayakan para pengendara jika jalan terlalu macet. Adanya kemacetan ini disebabkan oleh banyaknya pedagang kaki lima yang membandel menjajahkan jualannya di daerah trotoar jalan. Tentu saja hal seperti ini bisa membuat kemacetan, apalagi jika sudah macet pengguna mobil tentu tidak bisa menyalip di bagian manapun karena seluruh kendaraan yang berdesak-desakan, kecuali motor yang masih bisa menerobos di sela-sela kecil yang ada saat semua kendaraan ada disatu area yang sama.

Dari adanya kemacetan juga perlu adanya rasa waspada dari pengendara karena takut menganggu pengendara yang lain. Maka dari itu, jika ada yang menyalip atau menyerempet bagian mobil anda dan membuat kerusakan parah anda bisa menggunakan asuransi mobil Tangerang untuk memperbaiki kendaraan yang rusak dengan harga yang lebih murah, karena seluruh kerusakan tersebut ditanggung semuanya oleh perusahaan yang memberikan jasa asuransi.

Membahas hal sebelumnya yang telah dibahas, maka kali ini akan membahas bagaimana tips-tips aman dan benar saat menyetir mobil dalam keadaan macet. Inilah tips aman dan benar menyetir mobil saat macet, diantaranya sebagai berikut :

Menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan dan di belakang

Hal ini harus diperhatikan agar kegiatan menyetir mobil anda akan aman dari segala hal yang tidak diinginkan. Untuk menjaga jarak dengan kendaraan lainnya ada pemberian sedikit waktu sebanyak 3 detik untuk jarak yang aman. Dilarang untuk berhenti tiba-tiba saat ada ruang untuk mengendarai mobil lagi.

Menggunakan gigi yang rendah saat berada di kemacetan

Hal ini perlu diperhatikan saat anda berada di dalam kemacetan. Ini memberikan sebuah keresponan yang sangat baik untuk sebuah pergerakan kendaraan. Tentu, ini untuk dapat mencegah kematian dari mesin mobil yang diakibatkan dari beban kendaraan mobil. Apalagi cuaca yang panasnya menyengat juga dapat memanaskan mesin mobil.

Mematikan pendingin mobil yaitu AC

Di saat berada pada kerumunan kemacetan kendaraan, ada baiknya anda untuk mematikan sistem yang ada di mobil yaitu pendingin mobil, karena pada saat menyalakan pendingin mobil ini kamu bisa memberikan beban yang lebih besar kepada mobil. Ada baiknya dimatikan saja pendinginnya karena di dalam kendaraan mobil ini tidak terlalu panas jika cuacanya mendukung, tetapi begitu cuacanya begitu menyengat lebih baik nyalakan AC.

Memposisikan gigi pada kondisi netral saat kendaraan berhenti

Hal yang perlu diperhatikan dalam kondisi macet yang sangat parah adalah dengan memasukkan gigi dalam keadaan yang netral. Hal ini merupakan hal yang digunakan untuk berjaga-jaga saat menggerakan mobil ke depan disaat anda lupa bahwasannya kopling sudah terlepas daritadi.

Memperhatikan segala instrumen dan indikator dari kendaraan yang dipakai

Ini merupakan hal penting bagi anda yang sedang mengalami kemacetan di jalan, harus selalu siap untuk mengecek dan memperhatikan instrumen penggunaan mesin kendaraan mobil dan indikatornya. Hal ini agar dapat mengurangi beban pada mobil dan bisa saja menyebabkan mesin mobil mati secara dadakan. Lakukan pengecekan indikator juga seperti oli dan bahan bakar kendaraan anda, semua hal seperti ini dilakukan agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin mobil.

Like and Share ya 🙂