Tips Memilih Furnitur Kayu Berkualitas dan Tahan Lama

Tips Memilih Furnitur Kayu Berkualitas dan Tahan Lama

Furnitur merupakan salah satu kebutuhan utama yang hadir dalam kehidupan rumah. Sebab, tanpa adanya furnitur, keadaan rumah akan terlihat sepi, kosong, dan tentu saja tidak estetis. Ketahuilah, ada berbagai jenis furnitur yang tersedia sesuai dengan fungsinya. Mulai dari furnitur meja, kursi, rak sepatu, lemari, dan lainnya. Sebenarnya, pemilihan furnitur ini sangat mudah, namun bagi Anda yang memiliki selera tinggi terhadap kualitas furnitur, maka pemilihan ini menjadi lebih sulit dan teliti. Nah, daripada bingung, berikut ini kami sampaikan beberapa tips memilih furnitur kayu yang berkualitas dan tentunya tahan lama untuk Anda.

Menentukan Ukuran yang Ideal

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai kualitas furnitur, lebih baik tentukan dulu ukuran furnitur yang Anda butuhkan. Dalam hal ini, tentukan jenis furnitur yang Anda butuhkan termasuk ukuran yang sesuai. Untuk rumah tipe minimalis, biasanya pemilihan furnitur ukuran kecil sampai sedang biasanya sudah cukup. Hindari untuk memaksakan ukuran furnitur yang besar pada ruangan yang kecil, sebab dapat menyebabkan ruangan menjadi lebih sempit.

Pemilihan Warna yang Sesuai

Tips kedua yang harus Anda perhatikan saat membeli furnitur di toko furniture minimalis adalah memilih warna yang senada dengan dinding atau dekorasi interior lainnya. Cara mudahnya, Anda dapat menyelaraskan warna furnitur dengan warna dominan pada rumah Anda. Dengan penyesuaian warna yang sesuai, diharapkan dapat memperoleh kesatuan warna yang menyatu dan indah.

Pilih Furnitur dengan Konstruksi yang Kuat

Apapun jenis furnitur yang Anda beli, baik tempat penyimpanan, rak sepatu, kursi, maupun meja, pastikan terbuat dari bahan yang berkualitas serta memiliki konstruksi yang kuat. Inilah poin penting yang harus diperhatikan. Misalnya, pilihlah bahan kayu alami yang memiliki daya tahan lebih bagus daripada bahan lain seperti partikel atau aluminium. Tak hanya dalam hal kayu, kualitas finishing juga diperlukan seperti pelapis sehingga tetap tahan terhadap kotoran atau debu.

Jenis Kayu untuk Keperluan Konstruksi Rumah

Berbeda tujuan penggunaan, maka berbeda jenis kayu yang lebih baik digunakan. Dalam hal ini, jenis kayu yang dibutuhkan untuk keperluan konstruksi rumah, maka usahakan untuk mencari kayu yang kuat, keras, tahan air, dan tentunya tahan terhadap rayap. Jika bingung, Anda juga boleh berkonsultasi dengan toko mebel minimalis demi kualitas yang diinginkan. Sebagai rekomendasi jenis kayu untuk keperluan konstruksi seperti kayu jati, sengon laut, serta kayu nangka atau Kalimantan. Anda juga diperkenankan menggunakan jenis kayu lain yang penting kuat dan tentunya tahan lama.

Jenis Kayu untuk Keperluan Furnitur Rumah Tangga

Berbeda dengan jenis kayu yang digunakan untuk keperluan furnitur rumah tangga, maka yang disarankan adalah kayu jati dan juga kayu mahoni. Tahukah Anda, kayu tersebut terkenal memiliki kualitas yang baik dan urat kayu nan cantik. Tak hanya itu, kayu ini memiliki warna cerah, tidak berlubang, dan segar.

Rekomendasi kayu mahoni maupun jati berlaku apabila usia kayu tergolong tua. Apabila warna kayu masih terlihat mentah, maka hasil furnitur yang dihasilkan tidak akan awet dan belum tua betul. Kadar air dan kelembaban adalah dua hal yang berpengaruh cukup besar. Maka, apabila kayu usai ditebang, sebelum digunakan untuk membuat furnitur seperti tempat penyimpanan, sebaiknya dipanaskan terlebih dulu seperti diangin-anginkan.

Nah, itulah cara mudah memilih furnitur berkualitas dari toko mebel minimalis terdekat. Jangan lupa membandingkan harga tiap toko demi mendapatkan harga yang terbaik.

Like and Share ya 🙂