Resep Lezat Nasi Tim Praktis untuk Hidangan Sehat Keluarga

Resep Lezat Nasi Tim Praktis untuk Hidangan Sehat Keluarga

Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Dalam resep masakan, anda akan banyak menjumpai aneka olahan berbahan nasi tidak hanya nasi putih. Nasi tim adalah salah satu jenis masakan yang menjadi andalan ibu-ibu untuk santapan keluarga karena mudah sekali dikreasikan.

  1. Resep nasi tim tanpa bumbu MSG

MSG merupakan  bumbu yang dapat membuat masakan lebih sedap, tetapi untuk anak-anak balita tentu kadar zat ini perlu dikontrol dalam pembuatan makanan sehari-hari. Anda bisa mencoba membuat nasi tim tetap lezat dengan bumbu-bumbu alami tanpa MSG. bahan-bahannya adalah jagung, daging ayam, bawang putih & merah iris halus.

Tumis bumbu kemudian bubuhkan garam dan kecap secukupnya saja untuk warna coklat dan rasa manis. Campurkan bumbu tumisan dengan nasi, jagung, daging ayam kemudian aduk sampai merata. Langkah terakhir adalah memasukkannya ke dalam kukusan.

  1. Sarapan nasi tim varian ikan tuna

Musim yang tidak menentu sering kali membuat kondisi tubuh terutama anak-anak mudah terserang penyakit flu. Selain mengonsumsi obat, anda bisa membantu anak-anak pulih lebih cepat dengan memberikan sarapan sehat. Ikan tuna bisa dikreasikan dengan nasi tim yang hangat untuk menggugah nafsu makan di pagi hari.

Anda bisa mulai mencincang ikan tuna kemudian membuat bumbunya yaitu dengan menumis bawang bombay, bawang putih, dan garam sampai berbau harum. Terakhir tambahkan kecap asin atau manis sesuai selera. Jika anak-anak menyukai jamur, anda bisa juga menambahkannya dalam menu nasi tim ini. Langkah berikutnya adalah membuat kaldu dari tulang ayam.

Step terakhir campurkan tumisan ikan tuna & jamur dengan nasi sambil ditekan-tekan agar lebih padat. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk mengukusnya kemudian sarapan siap dihidangkan. Anda juga bisa mulai membuat resep sendiri dengan menambahkan bahan-bahan lainnya.

  1. Nasi tim sayur-sayuran

Biasanya anak-anak tidak terlalu menyukai lauk sayuran dan cenderung memilih olahan daging. Dalam rangka mengajak anak untuk memakan sayur-sayuran salah satunya adalah dengan membuat banyak menu baru yang enak dan menarik. Anda bisa mencoba nasi tim dengan campuran beberapa sayuran meskipun masih menambahkan telur ataupun daging.

Racik bumbu terlebih dahulu berupa bawang putih dan bawang bombai, kaldu ayam, kecap manis. Untuk rasa pedas bisa menambahkan cabai atau merica sesuai selera. Tumis bawang yang sudah diiris tipis sampai tercium bau harumnya, tambahkan telur, ayam, dan sayuran. Jenis sayuran bisa anda pilih sendiri. Misalkan seperti wortel, buncis.

Terakhir, masukkan bumbu racikan tadi dan kecap. Tunggu sampai bumbu meresap. Setelah matang, anda bisa menaruhnya di mangkuk kemudian tambahkan nasi di atasnya. Terakhir, kukus sampai matang dan nasi  tim sayuran siap dinikmati.

Nasi yang baik untuk menu nasi tim bertekstur lembut sehingga lebih mudah menyatu dengan bumbu dan bahan tambahan lainnya.  Hal ini akan memudahkan si kecil dalam mengunyah meskipun pertumbuhan giginya belum sempurna.

Anda bisa menyesuaikan bumbunya jika menu nasi tim sengaja dibuat untuk balita. Misalkan saja dengan membuat penyajian berbeda dengan kuah gurih dan sayuran.

Nasi adalah sumber energi, fosfor, protein, mineral dan vitamin sehingga mempunyai banyak manfaat  untuk tubuh. Salah satunya adalah dapat mengobati disentri atau peradangan yang menyerang usus besar. Dari beberapa resep di atas, anda bisa membuat resep baru yang sesuai dengan selera si kecil dan keluarga.

Like and Share ya 🙂