Pentingnya Menghitung Usia Kehamilan Bagi Para Ibu Baru

Pentingnya Menghitung Usia Kehamilan Bagi Para Ibu Baru

Bagi para calon ibu tentu sudah tidak sabar lagi untuk menunggu buah hati lahir di dunia untuk melengkapi keluarga kecil anda bukan. Perlu anda ketahui apabila menghitung usia kehamilan sendiri merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui oleh calon ibu di dunia. Hal ini bukan tanpa alasan karena dengan cara itulah anda bisa mengetahui usia kehamilan anda.

Ada banyak metode yang digunakan untuk mengetahui usia kehamilan. Seperti menggunakan metode pertama kali haid dan terakhir. Metode ini sendiri dikenal dengan sebutan HPHT. Ternyata cara ini banyak dipilih oleh masyarakat untuk mengetahui usia kehamilan yang dimiliki. Kendati demikian, cara ini mungkin kurang akurat dibandingkan dengan menggunakan metode USG yang dilakukan dengan alat khusus.

Mengenal lebih dekat metode USG

Jika anda menganggap cara deteksi kehamilan anda tidak begitu akurat maka ada baiknya anda menggunakan metode yang satu ini dimana hasilnya ternyata lebih akurat. Untuk anda yang ingin melakukan metode yang satu ini maka anda harus mendatangi dokter kandungan tersebut dahulu. Dokter kandungan sendiri akan melakukan beberapa pemeriksaan.

Seperti periksaan fisik dan usg transvaginal untuk mengetahui usia kehamilan yang ada didalam perut anda. Hasil USG biasanya akan lebih akurat jika dilakukan di awal-awal kehamilan. Hal ini tidak lain karena pada masa ini janin berkembang dengan tingkat kecepatan yang sama.

Sedangkan untuk pemeriksaan USG di akhir-akhir kehamilan biasanya akan dilakukan untuk mengetahui apakah janin yang ada didalam perut anda mengalami perkembangan ataukah tidak. Menghitung usia kehamilan sendiri ternyata memang sangat penting karena akan memberikan banyak manfaat untuk nada.

Manfaat menghitung usia kehamilan

  1. Untuk mengetahui usia kehamilan

Adapun manfaat pertama yang wajib diketahui oleh masyarakat adalah dengan menghitung usia kehamilan yang ada didalam janin anda maka anda bisa mengetahui usia kehamilan yang sedang anda kandung tersebut. Umumnya  lama kehamilan seseorang adalah akan dihitung dari masa pembuahan.

Tetapi ternyata tidak semua calon ibu mengetahui proses pembuahan yang terjadi didalam perut mereka. Sehingga inilah pentingnya untuk mengetahui cara menghitung usia kehamilan.

  1. Untuk mengetahui perkembangan janin

Adapun manfaat lainnya dari mengetahui usia janin adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan yang dimiliki oleh janin anda tersebut. Dengan mengetahui perkembangan janin inilah maka para orang tua juga bisa mempersiapkan diri untuk memberikan asupan nutrisi yang terbaik.

  1. Membantu menghitung perkiraan lahir

Manfaat terakhir adalah akan membantu anda untuk memperkirakan kelahiran bayi anda tersebut. Dengan mengetahui kapan anda akan melahirkan itulah maka anda bisa mempersiapkan diri untuk persalinan.

Demikian informasi sekilas mengenai cara menghitung usia kehamilan dengan menggunakan metode USG. Dengan mengetahui cara inilah maka anda akan mendapatkan sejumlah manfaat didalamnya.

Like and Share ya 🙂