Pembangunan Pedesaan di Era Modern Bersama Nestlé

Pembangunan Pedesaan di Era Modern Bersama Nestlé

Berbicara mengenai lingkungan pedesaan tentu tidak akan terlepas dari suasana yang asri, udara yang sejuk, jauh dari hiruk pikuk kendaraan, dan warga yang mayoritas bercocok tanam dan beternak. Hal itu seakan-akan memberikan jarak bahwa pedesaan tidak bisa berkolaborasi dengan industri modern. Padahal, sebenarnya hal ini bisa terwujud dan sudah dibuktikan oleh Nestlé dalam program pembangunan pedesaan serta pengembangan pertanian.

Pembangunan desa yang dimaksud di sini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat di desa-desa dengan kondisi alam dan lingkungan yang masih asri guna ikut serta dalam kegiatan perindustrian. Dengan cara ini, diharapkan perusahaan bisa mendapatkan sumber daya yang masih autentik dan warga pedesaan pun mendapatkan apresiasi berupa materi dan edukasi untuk menjadikan desa menjadi lebih baik.

Di sisi lain, perkembangan pertanian berkaitan dengan kualitas produksi dari para petani lokal. Melalui program Creating Shared Value, Nestlé memberikan kesempatan kepada petani lokal untuk menjadi pemasok utama bahan baku produk mereka seperti kopi dan susu. Bukan hanya isapan jempol belaka, Nestlé pun memberikan pelatihan dan pembinaan secara serius untuk memastikan kualitas dan jaminan mutu.

Potensi Lingkungan Pedesaan di Era Industri

  1. Lokasi yang masih asri

Hal ini sudah cukup jelas terlihat, terutama pedesaan yang masih jauh dari daerah perkotaan. Lingkungan yang masih banyak pepohonan membuat udara di pedesaan sangat sejuk sehingga untuk kegiatan produksi bisa menghasilkan kualitas yang baik. Sebagai contoh adalah petani kopi. Tanpa adanya gangguan dari asap perkotaan, tentu kualitas kopi yang dihasilkan di pedesaan akan terjaga.

  1. Pemberdayaan masyarakat

Meskipun banyak orang di pedesaan yang merantau ke kota untuk mendapatkan pekerjaan, nyatanya masih tidak sedikit juga yang tetap tinggal di desa namun tidak memiliki sumber pendapatan yang jelas. Bahkan petani saja tidak menjamin akan keberhasilan panen karena berbagai faktor seperti cuaca, hama, dan sebagainya. Dengan sedikit binaan, sangat memungkinkan untuk masyarakat pedesaan tetap bisa memiliki pekerjaan yang layak dengan apresiasi yang layak pula.

Misi Nestlé Berkolaborasi dengan Pedesaan

Untuk mewujudkan pembangunan kualitas di pedesaan ini, program CSV tersebut kemudian dicanangkan dan dilaksanakan hingga saat ini. Selain membangun pedesaan, dalam program CSV Nestlé juga melakukan gerakan lain dengan tujuan yang sama, yakni membentuk masyarakat yang sehat dan berdaya seperti program peningkatan gizi dan kesehatan serta program air dan lingkungan hidup.

Dilihat dari potensi yang sangat baik di masa mendatang, Nestlé bisa dijadikan salah satu contoh untuk perusahaan lain bahwa ternyata dunia industri dan lingkungan pedesaan dapat berkolaborasi dengan harmonis dan produktif jika dilakukan dengan serius. Pada akhirnya, kedua belah pihak akan saling mendapatkan manfaat satu sama lain.

Like and Share ya 🙂