Mengulik Daun Kemangi, Si Harum yang Kaya Khasiat

Mengulik Daun Kemangi, Si Harum yang Kaya Khasiat

Tentu kalian sudah tahu tentang daun kemangi, daun yang sangat familiar bagi warga Indonesia ini umumnya digunakan untuk melengkapi lalapan. Seperti namanya, kemangi memang memiliki aroma yang khas, dan sering digunakan sebagai penyedap masakan hingga obat obatan.

Daun ini memiliki berbagai manfaat, yang sangat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit hingga masalah kecantikan. Yuk intip beberapa keuntungan dari kemangi yang sari dari portal berita https://www.harapanrakyat.com/.

Manfaat Kemangi untuk Tubuh dan Kulit

  1. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Kemangi merupakan salah satu daun yang kaya akan antioksidan eugenol, sehingga sangat mampu untuk menurunkan serta mengendalikan tingkat kolesterol yang dimiliki seseorang. Selain itu, tingginya antioksidan pada daun ini pun mampu menurunkan gula darah. Tingkat gula darah yang teratur, pasti sangat baik untuk kesehatan jantung.

  1. Mengobati Demam Berdarah

Salah satu penyakit yang cukup mematikan adalah demam berdarah, sebuah penyakit yang dibawa oleh nyamuk aedes aegepty. Tidak hanya obat modern, nyatanya pengobatan alami menggunakan daun kemangi pun dapat meredakan demam yang diakibatkan penyakit ini. Untuk penggunaannya, anda dapat menghaluskan kemangi serta daun cendana. Kedua daun tersebut disatukan dan diletakkan pada dahi sebagai kompres.

Selain ditumbuk dan digunakan sebagai kompres, cara lain yang dapat anda gunakan adalah dengan merebusnya. Air kemangi yang memiliki banyak kandungan tersebut pun, dapat menurunkan panas dari dalam tubuh. Rebus kemangi beserta kapulaga untuk hasil yang lebih maksimal, anda juga dapat menambahkan madu apabila tidak suka dengan rasa pahitnya.

  1. Mengatasi Radang Tenggorokan

Kemangi sering digunakan masyarakat Indonesia, sebagai daun yang mampu menghilangkan bau mulut. Umumnya untuk menghilangkan permasalahan mulut tersebut, mereka akan mengonsumsi daun kemangi. Tidak hanya bau mulut, nyatanya kemangi pun sangat ampuh untuk meredakan radang atau sakit pada tenggorokan.

Daun ini memiliki kandungan mineral yang tinggi, dengan kandungan tersebut dapat memberikan efek tenang kepada tenggorokan yang mengalami peradangan. Anda dapat merebus kemangi, serta mengambil air rebusannya untuk diminum. Jika dilakukan secara rutin, maka peradangan pada tenggorokan pun dapat reda dengan cepat.

  1. Mengatasi Masalah Jerawat

Tidak hanya mengobati berbagai masalah, Kemangi juga sering digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Nutrisi pada daun ini, bersifat antibakteri serta anti jamur sehingga sangat ampuh untuk membersihkan darah yang kotor. Pembersihan ini pun dapat dilakukan dari dalam dan luar.

Dengan mengonsumsinya, maka anda akan melakukan pembersihan dari dalam. Nutrisi yang terkandung pada daun kemangi akan membersihkan darah kotor dalam tubuh anda. Darah kotor ini dapat menjadi pemicu jerawat, atau kulit kusam. Jika anda ingin mengobati jerawat dari luar, maka gunakan kemangi sebagai masker.

  1. Mengurangi Keputihan

Masalah ini sudah pasti sering dirasakan oleh kaum wanita, siapa yang tidak risih dengan keputihan. Seperti yang kita tahu, kemangi memiliki kandungan yang dapat memerangi jamur serta racun dalam tubuh. Dengan senyawa eugunol pada kemangi, mampu menangkal serta mengobati permasalahan jamur penyebab keputihan pada tubuh anda.

Untuk mengatasi keputihan dengan menggunakan kemangi, anda dapat langsung mengonsumsinya. Namun, anda pun dapat mengonsumsinya dengan campuran masakan lainnya. Semakin sering mengonsumsi kemangi, maka semakin menurun pula jamur penyebab keputihan dalam tubuh anda.

  1. Menurunkan Tingkat Setres

Ada satu lagi keunggulan yang dimiliki oleh kemangi adalah, kemampuannya yang mampu menurunkan tingkat stres. Sebuah penelitian telah menyebutkan bahwa, terdapat sebuah kandungan dengan nama ‘adaptogen’ yang bersifat anti stres. Untuk mendapatkan khasiat anti stress ini, anda dapat langsung meminum air rebusan daun kemangi.

  1. Mencerahkan Kulit

Kemangi memiliki zat aktif yang berperan sangat penting untuk membantu proses regenerasi kulit. Dengan fungsi tersebut, maka kulit wajah kita dapat lebih cerah akibat hilangnya kulit mati. Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, anda dapat menggunakan kemangi sebagai masker. Tumbuk kemangi hingga halus, dan usapkan kepada wajah untuk mendapatkan kulit yang cerah dan segar.

Bagi warga Indonesia, kemangi lebih dikenal sebagai sebuah sayur yang wangi pelengkap lalapan. Ternyata kemangi tidak hanya sekedar aroma yang wangi, di dalam daun kecil ini menyimpan begitu banyak manfaat serta kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Melihat manfaat kemangi tersebut, konsumsilah secara rutin daun ini untuk mendapatkan kesehatan serta kulit yang optimal.

Like and Share ya 🙂