Marak Tawaran Pinjaman Cepat, Ini yang Harus Diperhatikan

Marak Tawaran Pinjaman Cepat, Ini yang Harus Diperhatikan

Sering dapat tawaran pinjaman cepat online yang cukup agresif lewat SMS, telepon, email, media sosial, atau bahkan WhatsApp?

Bagi sebagian orang, mungkin tawaran ini terbilang cukup mengganggu karena frekuensinya yang terlalu sering. Bagi sebagian orang lainnya yang memang butuh pinjaman, tawaran jenis ini bisa jadi solusi atau malah jadi jebakan, tergantung bagaimana menyikapinya. Karena, tidak semua tawaran pinjaman online yang datang bisa dipercaya. Kalau nggak dicek atau diverifikasi lebih dulu, salah-salah, kamu bisa jadi korban penipuan.

Maka dari itu, saat mendapat tawaran pinjaman online, sebaiknya perhatikan dulu tiga hal ini.

Apakah kamu benar-benar butuh pinjaman cepat?

Jangan coba-coba apply pinjaman yang berbasis online apabila kamu hanya iseng dan coba-coba. Dari beberapa kasus orang yang terjebak pinjaman online, sebagian besar banyak yang awalnya iseng lalu ternyata disetujui dan dana cair ke rekening terdaftar.

Ketika jatuh tempo, banyak yang tidak bisa membayar hingga akhirnya meminjam dana lagi dan terjebak pada banyak aplikasi pinjaman online. Sebab, rata-rata aplikasi pinjaman dana cepat memberikan tempo waktu pengembalian yang sangat singkat, mulai dari 7 hari, 14 hari, dan maksimal 1 bulan.

Apabila masih punya barang berharga yang bisa digadai, dijual, atau butuh pinjaman dana namun tidak begitu mendesak, upayakan untuk mencari alternatif lain ketimbang langsung apply pinjaman online.

Apakah penghasilanmu cukup untuk membayar angsuran pinjaman cepat?

Selain tenor yang singkat, kebanyakan aplikasi pinjaman online yang ada saat ini juga membebankan suku bunga yang sangat tinggi, mulai dari 1% per hari atau bisa mencapai hingga 30% per bulannya. Belum ditambah dengan biaya provisi/administrasi pinjaman dan juga biaya denda keterlambatan. Makin tinggi suku bunga, makin besar juga jumlah pinjaman yang harus kamu bayarkan.

Sebelum mengajukan pinjaman online, sebaiknya cek dulu total pemasukanmu per bulan, apakah mencukupi untuk membayar angsuran pinjamannya? Jika tidak, maka jangan dipaksakan dan menggunakan prinsip “bagaimana nanti”, karena kalau jatuh tempo dan dananya belum ada, kamu sendiri yang bakal kerepotan cari dana talangan.

Apakah pinjaman cepat terkait terjamin keamanannya?

Kalau kondisinya memang butuh & penghasilan masih cukup untuk bayar angsuran pinjaman, maka hal terakhir yang perlu kamu perhatikan sebelum mengajukan pinjaman online cepat adalah legalitas dan keamanan dari aplikasi pinjaman yang mau digunakan. Sebagai langkah awal, kamu bisa buka situs OJK dan cek apakah nama aplikasi atau perusahaan pinjaman terkait sudah terdaftar di OJK atau belum. Utamakan untuk menggunakan aplikasi yang sudah terdaftar di OJK agar terjamin keamanannya.

Selain itu, dari sisi aplikasi pinjaman itu sendiri, kamu bisa mengecek bagian kebijakan privasinya tentang bagaimana perusahaan menjamin kerahasiaan data-datamu serta teknologi apa yang digunakan untuk menjaga keamanan data nasabah. Jangan gunakan aplikasi pinjaman yang tidak mencantumkan kebijakan privasi pada situs atau aplikasinya.

Kredivo, solusi pinjaman cepat online terpercaya dengan bunga paling rendah

Dari sekian banyak aplikasi pinjaman berbasis online, Kredivo adalah yang punya suku bunga paling rendah: 2,95% per bulan dengan pilihan tenor pinjaman mulai 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. Untuk pinjaman tunai, Kredivo memberikan dua opsi jenis pinjaman yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo.

Minimal jumlah pinjaman untuk pinjaman mini adalah Rp 500 ribu dengan waktu pengembalian maksimal 30 hari, sedangkan minimal pinjaman untuk pinjaman jumbo adalah Rp 1 juta dengan tenor pengembalian 3 bulan atau 6 bulan. Berbeda dengan aplikasi pinjaman online lain, Kredivo menggunakan sistem limit kredit nontunai yang akan diberikan kepada pengguna ketika pendaftaran akunnya disetujui. Limit kredit nontunai ini maksimal bisa mencapai Rp 30 juta.

Apabila pengguna mau mencairkan limit ini, maka caranya adalah dengan memanfaatkan fitur pinjaman mini dan pinjaman jumbo tadi. Makin besar limit yang kamu dapat dari Kredivo, maka makin besar juga jumlah pinjaman yang bisa kamu ajukan, maksimal sebesar limit yang kamu punya untuk tenor 6 bulan. Misalnya, kamu mendapat limit sebesar Rp 20 juta, dan yang tersisa untuk tenor 6 bulan adalah Rp 10 juta. Itu artinya, jumlah pinjaman maksimal yang bisa kamu ajukan adalah Rp 10 juta.

Kalau sudah punya limit kredit di Kredivo, proses pencairan pinjaman setelah disetujui hanya memakan waktu maksimal 1 hari kerja. Selain itu, daftar Kredivo juga gampang banget & tanpa slip gaji. Kamu cuma perlu download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store dan ikuti instruksi pendaftarannya mulai dari mengunggah foto KTP, isi form data diri, foto selfie, menyambungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan dan akun e-commerce yang ada riwayat pembelanjaannya sebagai bukti domisili.

Sebelum daftar, pastikan kamu sudah berusia minimal 18 tahun, punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Like and Share ya 🙂