Lakukan Cara Ini untuk Mencegah Darah Tinggi

Lakukan Cara Ini untuk Mencegah Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang umum di Indonesia. Diperkirakan, dua pertiga penduduk memiliki hipertensi. Walau hipertensi sering diremehkan, nyatanya kondisi ini dalam jangka panjang dapat merusak arteri, dan meningkatkan resiko serangan jantung, stroke, gagal jantung, dan gagal ginjal.

Pengecekan darah secara rutin baik untuk dilakukan supaya Anda tahu langkah-langkah yang harus diambil untuk mencegah darah tinggi. Ada beberapa hal yang dapat menjadi obat alami untuk darah tinggi yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hipertensi. Berikut ini adalah cara-cara untuk mencegah darah tinggi.

  • Mengubah Pola Makan

Pola makan yang buruk mungkin menyebabkan tekanan darah tinggi melonjak. Maka itu, Anda harus mengurangi makanan yang tinggi natrium yang banyak terkandung dalam garam dapur serta makanan olahan, supaya tekanan darah tetap normal. Pilihlah makanan yang tinggi kalium seperti kentang, pisang, alpukat, ikan dan susu untuk membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Bisa juga dengan mengonsumsi makanan rendah lemak serta makanan berserat. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup, karena kekurangan cairan akan mempengaruhi jumlah natrium dalam tubuh.

  • Jaga Berat Badan Ideal

Individu dengan kelebihan berat badan memiliki resiko tekanan darah tinggi hingga 2-6 kali lebih besar, dibandngkan dengan pemilik berat badan normal. Pencegahan darah tinggi bisa diawali dengan menjaga berat badan ideal sesuai dengan tabel kesehatan pada umumnya.

  • Diet DASH

Diet ini memang didesain untuk menurunkan tekanan darah. Pola diet ini menekankan konsumsi buah-buahan, serat, sayuran, biji-bijian dan susu rendah lemak. Diet DASH biasanya mampu memenuhi asupan kalium dan menurunkan tingkat asupan sodium yang terlalu tinggi.

  • Lakukan Aktivitas Fisik

Lakukan aktivitas seperti aerobik yang sangat efektif dalam mengurangi tekanan darah, karena memaksa pembuluh darah mengembang dan berkontraksi sehingga menjaganya tetap fleksibel. Cara ini juga membantu meningkatkan aliran darah dan mendorong pembentukan pembuluh darah baru. Lakukan 150 menit aktivitas aerobik selama seminggu dapat menurunkan tekanan darah 5 hingga 8 mmHg. Bagaimanapun juga, olahraga teratur mampu menurunkan tekanan darah 4 hingga 5 mmHg.

Like and Share ya 🙂