Kriteria Data Center Indonesia Terbaik untuk Keamanan Sistem

Kriteria Data Center Indonesia Terbaik untuk Keamanan Sistem

Tersimpannya data dengan aman dan lengkap harus diupayakan demi kelancaran akses informasi hingga pemenuhan kebutuhan. Semua organisasi yang menyimpan data dalam peralatan elektronik bisa mempercayakan pada lembaga data center Indonesia. Anda bisa mempercayakan data penting kepada lembaga yang punya 4 kriteria ini.

  1. Lembaga yang Terpercaya

Kini, banyak lembaga pusat data yang siap membantu Anda dalam menyimpan data. Penawaran ini sangat baik dan sebaiknya Anda terima. Meskipun demikian, pertimbangkanlah pihak pusat data yang akan menyimpan data-data penting Anda ataupun organisasi. Usahakan untuk memilih lembaga yang kredibel atau terpercaya.

Bagaimana cara menilai kredibilitas suatu lembaga pusat data? Mengingat sudah banyaknya lembaga pusat data di Indonesia, Anda harus memilih lembaga yang terpercaya. Pilih pusat data yang sudah berpengalaman, terlebih yang sudah direkomendasikan. Lembaga yang sudah lama berdiri dan ternama bisa menjadi mitra dalam penyimpanan data.

Selain itu, pastikan juga bahwa lembaga pusat data benar-benar mempunyai kantor resmi dan terbukti mempunyai legalitas hukum sebagai perusahaan resmi. Hal ini harus dipastikan guna menghindari kemungkinan adanya lembaga palsu atau ilegal.

  1. Menerapkan Service Excellence

Pelayanan sangat penting sebagai pertimbangan dalam memilih pusat data di Indonesia. Anda bisa menilai bagaimana pelayanan yang disediakan. Pilihlah lembaga yang menerapkan service excellence karena Anda akan memperoleh kemudahan dan kelengkapan layanan. Jaminan pelayanan prima tersebut bisa dilihat dari penanganan di setiap proses kontrak.

Agar lebih yakin, Anda bisa melihat penghargaan mengenai sistem layanan yang diterima oleh pusat data. Sebagai contoh, Lintasarta sebagai salah satu lembaga pusat data meraih Occupational Health and Safety Management Sustem Certification, yaitu OHSAS 18001: 2007. Penghargaan ini sebagai bukti bahwa Lintasarta bisa menjadi mitra terpercaya.

  1. Mempunyai Tempat dan Sistem Pendukung

Sebuah data center harus menyediakan tempat penyimpanan data yang memadai beserta dengan sistem pendukungnya. Tempat penyimpanan data ini harus cukup untuk menyimpan data semua klien dengan baik, rapi, dan sistematis.

Mesin penyimpan data harus tertata rapi dan tidak berdesakan agar terdapat ruang udara untuk mengurangi panas akibat kerja mesin. Selain luas, tempat tersebut juga harus memenuhi kriteria tempat penyimpanan data, yaitu dilengkapi sistem pendingin 24 jam agar ruangan tidak panas karena mesin bekera non stop.

Tempat tersebut juga harus aman, yaitu jauh dari titik api dan mempunyai pengamanan yang ketat mengingat banyaknya data penting milik klien yang harus dijaga kerahasiaannya. Sistem pengamanan yang baik juga harus ada. Selain keamanan secara fisik, pengamanan pada server justru sangat penting, yaitu sistem perlindungan dari hacker.

Sistem pendukung kerja mesin penyimpan data juga harus lengkap dan berkualitas agar data tetap bisa diakses kapan pun dan di mana pun. Mengenai hal ini, pusat data harus menyediakan sistem pemulihan ketika ada risiko bencana, yaitu berupa sistem back up yang canggih.

Sistem pendeteksi kebakaran juga sangat diperlukan agar meminimalisir risiko kebakaran yang bisa terjadi akibat korsleting arus listrik serta peralatan pusat data yang memang penuh kabel. Carilah layanan pusat data dengan sistem keamanan pada api.

  1. Mempunyai Peralatan yang Menunjang

Kriteria berikutnya adalah lembaga pusat data harus mempunyai peralatan yang menunjang kelancaran penyimpanan data. Motherboard yang digunakan harus prima dan berkapasitas tinggi. Semua mesin yang menunjang kerja penyimpanan data harus punya performa unggul dengan prosesor canggih demi kecepatan penyimpanan dan akses data yang tepat waktu.

Itulah berbagai kriteria data center Indonesia yang terbaik, sehingga dipercaya sebagai lembaha penyimpan data. Sistem operasional perusahaan yang berkaitan dengan data juga akan aman dan bisa diakses kapan saja ketika dibutuhkan. Kebutuhan akan tetap terpenuhi. Anda tinggal membayar jasa dari data center atas upaya penyimpanan dan pengamanan data.

Like and Share ya 🙂