Keuntungan Menggunakan Colocation Server untuk Perusahaan Anda

Keuntungan Menggunakan Colocation Server untuk Perusahaan Anda

Jika Anda memiliki perusahaan yang membutuhkan layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server, Anda bisa menggunakan layanan colocation. Lantas, mengapa kita perlu menggunakan colocation? Apa saja keuntungan menggunakan colocation server? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

  1. Lebih Hemat Biaya

Salah satu keuntungan terbesar yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan layanan colocation server adalah perusahaan Anda bisa jauh lebih hemat dibandingkan membangun data center sendiri. Ibaratnya, dengan menggunakan jasa colocation Anda cukup membeli server dan membayar harga sewa colocation saja.

Sedangkan jika membuat ruangan baru untuk pusat data, Anda harus membeli infrastruktur untuk ruangan data center tersebut. Beberapa infrastruktur yang harus Anda lengkapi antara lain seperti sistem pendingin data center, raised floor, sistem keamanan, pencegahan kebakaran, dan cadangan listrik seperti genset dan UPS.

Tidak hanya itu, dengan menyewa ruangan colocation untuk data center Anda, maka pengeluaran perusahaan Anda pun bisa lebih terukur, seperti biaya listrik, dan biaya variable lainnya. Hal ini dikarenakan biaya-biaya tersebut sudah termasuk dalam biaya sewa colocation tersebut.

  1. Keamanan Server dan Data Lebih Terlindungi

Penyedia fasilitas pusat data di Indonesia saat ini dituntut dalam segi keamanan di segala aspek di dalam memberikan jasa colocation. Keamanan tersebut meliputi keamanan fisik seperti lokasi bangunan hingga ke dalam ruangan data center dan keamanan non fisik seperti sistem keamanan jaringan dan keamanan akses ke firewall server dan storage.

  1. Dukungan Teknis 24/7

Sebagian besar layanan colocation di Indonesia, terutama di Lintasarta dikelola dalam 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Itu berarti Anda selalu mempunyai seseorang untuk berbicara saat ada pertanyaan atau masalah hanya dengan satu panggilan telepon.

Dengan teknisi yang profesional dan handal, tentunya berbagai masalah pada server Anda di pusat data center bisa ditangani secara cepat. Baik permasalahan konfigurasi ataupun hal lainnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila mendapati masalah pada server Anda.

  1. Skalabilitas

Apabila dalam bisnis Anda menemukan kebutuhan akan peningkatan jaringan data, atau Anda menginginkan penambahan server lagi, tentunya pihak penyedia pusat data sudah siap sedia sebelum kebutuhan di perusahaan Anda muncul. Jadi, kebutuhan Anda terhadap kepentingan perusahaan terkait dengan server pun cepat terpenuhi.

  1. Berguna Sebagai Mitigasi dan Persiapan Menghadapi Bencana

Jasa colocation biasanya juga mempunyai strategi dalam menghadapi bencana atau yang biasa yang disebut disaster recovery plan. Hal ini tentunya bisa menjamin kelangsungan operasional Anda agar dapat terus berjalan.

Banyak perusahaan di Jepang yang tetap tertolong walaupun terdapat gempa dan angin topan karena adanya layanan colocation di luar negaranya, termasuk di Indonesia. Maka dari itu, layanan colocation bisa juga menjadi pendukung rencana mitigasi bencana masing-masing perusahaan.

Perubahan merupakan sebuah hal yang tidak bisa dihindari, terutama dalam dunia teknologi informasi. Maka dari itu, kesiapan perusahaan Anda dalam menghadapi perubahan bisa lebih terdukung dengan menggunakan jasa colocation.

Oleh sebab itu, sudah saatnya Anda menggunakan jasa colocation untuk data center perusahaan Anda sembari merintis pembinaan hubungan pada penyedia data jasa center. Hal itu diperlukan karena pada praktiknya, outsource data center merupakan partner yang mendukung kehandalan bisnis Anda, sehingga Anda harus memilih jasa colocation yang berkualitas.

Nah, itu dia ulasan mengenai keuntungan menggunakan colocation bagi perusahaan Anda. Bagi Anda yang mencari layanan colocation server terbaik untuk perusahaan Anda, Anda bisa menggunakan layanan dari Lintasarta. Dijamin, Lintasarta bisa menjadi solusi IT terbaik bagi segala kebutuhan perusahaan Anda, termasuk colocation.

Like and Share ya 🙂