Kenali 5 Penyakit Kulit Pada Bayi dan Bagaimana Solusinya yang Tepat

Kenali 5 Penyakit Kulit Pada Bayi dan Bagaimana Solusinya yang Tepat

Bagi para orangtua memang sudah sewajarnya untuk selalu memperhatikan bagaimana kondisi sang bayi termasuk mengetahui apa saja penyakit kulit pada bayi. Bayi memang lebih rentan untuk terkena beberapa penyakit kulit mengingat daya tahan tubuh yang masih rendah. Ada berbagai macam penyebab mengapa penyakit kulit tersebut bisa terjadi seperti karena kondisi udara.

Penyakit kulit yang terjadi pada bayi

Para ibu yang baik tentu menginginkan kondisi kesehatan terutama kulit si kecil untuk tetap sehat bukan? Sayangnya, tidak sedikit bayi yang harus menderita beberapa penyakit kulit yang disebabkan oleh makanan ataupun kondisi udara. Tanda-tanda yang sering terjadi adalah kulit si kecil akan ruam dan gatal. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak beberapa jenis penyakit kulit pada bayi yang harus diwaspadai.

  1. Eksim

Eksim menjadi penyakit kulit pada bayi yang paling umum terjadi. Saat ini eksim sendiri terdiri dari beberapa jenis. Tapi ada salah satu jenis yang sering terjadi yakni eksim atopic. Eksim ini sendiri memiliki ciri-ciri dimana terdapat benjolan kecil ataupun kulit terlihat mengering. Adapun factor yang memicu jenis penyakit kulit ini yakni lingkungan atau genetic.

Tetapi pemicu yang paling sering adalah kain yang digunakan, sabun dan kondisi cuaca. Cara mengatasi eksim pada bayi ini belum ada obatnya dan akan sembuh dengan sendirinya. Cara terbaik adalah dengan melakukan pencegahan. Anda bisa mencegah agar kulit anak tidak kering dengan mengoleskan pelembab kulit bayi.

  1. Ruam popok

Sesuai dengan namanya, kondisi seperti ini biasanya diakibatkan karena bagian bokong anak terlalu lama tertutup oleh popok sehingga mampu memicu timbulnya iritasi dan rasa gatal pada bagian yang tertutup. Gesekan antara kulit bayi dengan popok bisa menyebabkan ruam. Kondisi seperti tidak terlalu bahaya tetapi bisa berkembang menjadi jamur.

Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan mengolesi bagian bokong bayi dengan lotion yang memiliki kandungan zinc yang berfungsi untuk membuat kulit bayi tetap lembab.

  1. Kulit kering

Masalah lainnya adalah kulit kering. Kulit kering yang terjadi pada bayi sendiri biasanya ditandai dengan adanya kulit bersisik. Penyakit kulit pada bayi ini juga sering terjadi. Jika kondisinya sudah kering maka kulit bisa mengelupas. Penyebab dari penyakit ini adalah karena suhu lingkungan yang terlalu panas.

Untuk mengatasi penyakit ini cukup mudah, anda tidak boleh memandikan bayi terlalu lama dan setelah mandi, ada baiknya untuk segera mengoleskan pelembab bayi pada  kulit bayi.

  1. Cradle Cap

Cradle cap ini merupakan penyakit pada bayi yang sering terjadi. Biasanya ditandai dengan adanya kulit yang meruam merah di bagian kepala kemudian berubah menjadi kerak kering dengan warna kuning bersisik. Kondisi seperti ini biasa disebut dengan dermatitis seboroik. Penyakit ini juga akan sembuh dengan sendirinya. Anda juga harus menggunakan shampoo khusus bayi.

  1. Biang keringat

Ada lagi penyakit pada bayi yang sering terjadi yakni biang keringat. Penyakit ini sendiri biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah berukuran kecil dan terasa gatas Biang keringat ini biasanya sering terjadi pada kening, leher hingga paham si kecil. Cara mengatasinya adalah dengan mengoleskan krim hidrokortison 0,5% yang telah disarankan oleh dokter.

Beberapa penyakit kulit pada bayi yang sering terjadi juga adalah Milia. Biduran, hingga jerawat bayi. Dengan mengetahui informasi diatas lah, anda bisa segera menentukan langkah terbaik untuk mengobatinya.

Like and Share ya 🙂