Menjaga Kesehatan Bayi Kucing

Inilah Kiat-Kiat Jitu Menjaga Kesehatan Bayi Kucing Anda yang Baru Lahir

Proses kelahiran bayi kucing jadi saat-saat paling mendebarkan. Akan seperti apakah bayinya kelak. Lucukah? Imutkah? Para pecinta kucing hampir pasti akan menanyakan hal-hal ini. Selama seminggu pasca kelahiran, kesehatan bayi kucing Anda semestinya diperhatikan; lebih diperhatikan daripada hal lainnya.

Para mommy kucing biasanya akan kekurangan produktivitas susu untuk anak-anak, terutama kalau keturunannya banyak. Saat itulah tugas Anda menyediakan kebutuhan mereka. Bayi kucing membutuhkan makanan yang terjamin dan terjaga dari rasa hangat. Fase bayi pada kucing merupakan fase yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan mereka sebelum beranjak remaja.

Seminggu pasca kelahiran, kebutuhan minum susu bagi bayi kucing merupakan kebutuhan wajib yang tak bisa diganggu-gugat. Mereka butuh nutrisi lebih untuk tumbuh dan berkembang. Kalau bayi kucing Anda sudah dipisah oleh ibu mereka pada saat-saat yang riskan seperti itu, sebisa mungkin Anda menggantikannya. Pergilah ke dokter hewan dan pilih sebotol susu yang direkomendasikan. Mohon untuk tidak memakai jasa penyedia susu sapi untuk kucing, sebab, bisa menyebabkan diare.

Bayi kucing butuh energi yang besar agar bisa tumbuh dengan baik dan mulus. Bahkan mereka memerlukan asupan gizi tiga kali lebih banyak daripada kucing dewasa. Kadar gizi dalam makanan yang paling bagus untuk bayi kucing seharusnya terdiri kurang dari 30% protein. Ini bisa dikonsultasikan dulu dengan dokter hewan.

Khusus untuk 3 hingga 4 minggu pertama, pemberian makanan sebaiknya lebih sedikit daripada susu. Taruh saja di mangkuk. Berapa kali? Paling bagus itu 4 hingga 6 kali dalam sehari. Bayi kucing yang sudah berumur 6 pekan hingga 12 pekan, Anda bisa mengurangi pemberian susu pada mereka. Cukup mudah, bukan?

Bagaimana caranya agar bayi kucing tetap hangat? Kalau bayi kucing masih dijaga ibunya sih hal ini tidak jadi masalah. Yang jadi masalah, ketika mereka masih bayi, tapi ditinggal pergi oleh ibunya. Apa yang harus Anda lakukan untuk menjaga kehangatannya? Cukup mudah dan sederhana. Ketika datang waktu makan, berilah mereka susu hangat atau makanan yang hangat. Potensi kedinginan pun bisa tercegah. Kalau Anda ingin menjaga kehangatan dengan cara memeluk mereka juga boleh.

Berat ideal yang dimiliki bayi kucing juga patut diperhatikan, lho! Rata-rata bayi kucing yang sehat itu memiliki berat 3,5 ons. Bayi kucing yang lambat dalam perkembangan berat badannya pun bisa jadi kabar yang tak diinginkan. Setiap hari, paling tidak berat badan mereka harus tumbuh ¼ ons untuk memastikan bahwa mereka baik-baik saja.

Mungkin perawatan bayi kucing tersebut terdengar tidak mudah. Itu tergantung Anda sih apakah ingin memiliki kucing idaman atau kucing yang biasa-biasa saja. Kualitas selalu berbanding lurus dengan pengorbanan. Sama halnya dengan ketika Anda ingin memiliki tubuh atletis dan sempurna, minimal Anda harus tahu bagaimana cara memaksimalkan otot sekaligus nutrisi pendukungnya.

Bayi kucing tak bisa disamakan dengan cara Anda makan, ya. Mungkin berat untuk dikatakan bahwa kebanyakan pemilik bayi kucing tak peduli dengan hal-hal semacam ini. Kalau Anda tak mau disamakan dengan mereka, tentu Anda harus tahu makanan apa saja yang bagus untuk manusia tapi tak sejalan dengan kualitas untuk perkembangan tubuh bayi kucing.

Presiden Asosiasi Praktisi Bayi Kucing dari Amerika, Dr. Elizabeth Colleran, memberi daftar makanan yang patut dihindari oleh para bayi kucing. Apa saja? Ada bawang merah, bawang putih, ganggang, anggur (juga kismis), manisan, cokelat, dan makanan maupun minuman yang mengandung alkohol. O, ya, tambahan lagi, hindari minuman yang mengandung kaffein atau kafeina seperti yang ada dalam kopi.

Setelah Anda tahu bagaimana kiat-kiat jitu menjaga kesehatan bayi kucing seperti yang tersebut di atas, tentunya Anda lebih siap lagi mempraktikkan di rumah, kan? Sayangi bayi kucing Anda, maka ketika ia tumbuh remaja dan dewasa juga akan sayang pada Anda. Perilaku yang interaktif ini penting diaplikasikan kalau Anda benar-benar pecinta kucing yang militan.

Like and Share ya 🙂