Hitung Simulasi Kredit Mobil, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Hitung Simulasi Kredit Mobil, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum Anda berniat mengambil kredit mobil, ada baiknya Anda melakukan perhitungan simulasi kredit mobil lebih dulu untuk mengetahui seberapa besar biaya yang harus Anda bayarkan per bulan atau hingga mobil yang Anda beli itu lunas. Termasuk untuk mobil keluaran Toyota Astra, ya! Saat menghitung, jangan lupa perhatikan hal-hal ini juga!

  1. Pilih Mobil yang Sesuai Kebutuhan

Langkah pertama sebelum Anda melakukan perhitungan kredit mobil adalah memilih dulu mobil apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah jenis mobil itu untuk sekedar gaya-gayaan atau memang untuk memenuhi keperluan. Dengan begitu, Anda bisa tahu mana yang pas dan bisa menyesuaikan harga yang harus dikeluarkan.

Anda harus tahu, semakin mahal harga mobil yang akan dibeli, maka biaya angsuran per bulan yang harus Anda bayar juga akan mahal. Selain itu, Anda juga akan mengeluarkan uang berlebih untuk bensin dan perawatannya.

  1. Tentukan Uang Muka dan Tenor

Setelah Anda mengetahui mana mobil yang akan dibeli, selanjutnya tentukan berapa uang muka dan tenor yang harus Anda bayarkan. Biasanya, uang muka yang harus dibayarkan adalah berkisar 30% dari harga mobil tersebut meski ada saja yang mematok harga lebih rendah. Anda harus tahu, makin besar uang mukanya, maka akan makin ringan cicilannya.

Kenapa begitu? Sebab, Anda sudah membayar sebagian besar uang pokok dari harga mobil itu dan yang dibagi jumlah tenor adalah sisa yang tidak masuk dalam uang muka. Nah, pilih juga tenor yang Anda sanggupi dan tidak memberatkan. Biasanya, tenor yang disediakan adalah 1 sampai 5 tahun saja.

Anda juga harus ingat. Makin cepat Anda melunasi angsuran bulanan terhadap mobil yang Anda kredit, maka makin sedikit dana yang harus Anda bayarkan. Kenapa bisa begitu? Sebab, untuk setiap tenor, pihak dealer akan mengambil keuntungan dari bunga yang Anda bayarkan. Bila tenornya sedikit, maka makin sedikit juga bunga yang dibayarkan.

  1. Asuransi Kendaraan

Hal lain yang juga harus Anda perhatikan ketika akan melakukan simulasi kredit mobil adalah menghitung asuransi kendaraan yang akan dikenakan. Asuransi untuk mobil ada dua jenisnya. Pertama adalah TLO atau total loss only alias kerusakan keseluruhan, dan yang duka adalah all risk atau kerusakan sebagian.

TLO akan menanggung kerusakan mobil Anda asalkan kerusakan yang terjadi minimal 70%. Sedangkan untuk all risk, meski mobil Anda akan terasuransi untuk berbagai jenis masalah bahkan kerusakan kecil. Tentu saja, biaya untuk asuransi all risk jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan asuransi TLO.

  1. Biaya Lain-Lain

Jangan lupakan biaya lain-lain yang harus Anda keluarkan dalam kredit kendaraan ini. Selain biaya asuransi, Anda juga diharuskan membayar biaya administrasi dan biaya provisi yang jumlahnya berbeda-beda untuk setiap vendor kendaraan bermotor. Namun, bila dirata-rata, jumlah biaya administrasi berkisar sekitar 1 juta per kendaraan.

Sedangkan untuk biaya provisi, jumlahnya  adalah sekitar 1% dari total harga dari kendaraan yang dibeli termasuk dengan jumlah uang mukanya. Jangan lupakan soal bunga. Meski ini sudah disinggung sebelumnya, namun jumlahnya juga berbeda untuk setiap vendor dan dealer. Namun, rata-rata berkisar 0.42 hingga 0,71% saja.

Nah, itulah berbagai hal yang harus Anda perhatikan ketika akan melakukan simulasi kredit mobil saat akan mengambil mobil secara angsuran. Memang terlihat ribet, namun ini perlu Anda lakukan agar tak menyesal kemudian karena biaya angsuran dirasa terlalu besar. Kalau sudah pas, Anda bisa datang langsung ke dealer resminya, ya!

Like and Share ya 🙂