Hamil Tua? Kenali 6 Tanda-Tanda Persalinan Semakin Dekat

Hamil Tua? Kenali 6 Tanda-Tanda Persalinan Semakin Dekat

Ada perasaan bahagia dan tegang menjelang HPL (Hari Perkiraan Lahir) yang biasanya terjadi pada usia kehamilan 40 minggu. Persalinan normal biasanya dimulai dengan pendekatan kontraksi yang sulit untuk dihilangkan yang terjadi. Berikut ini beberapa tanda-tanda persalinan semakin dekat. Dengan begitu, Anda dapat mempersiapkan mental, fisik sebelum hadirnya buah hati.

1. Keluar Flek

Salah satu tanda persalinan sudah dekat adalah adanya flek atau bercak berwarna kecoklatan. Selain adanya flek, juga ditandai dengan lendir yang keluar dari area kemaluan. Hal tersebut sangat normal karena cairan vagina akan jauh lebih kental pada hari-hari atau jam-jam sebelum bayi Anda lahir.

2. Interval Kontraksi Semakin Bertambah

Tanda-tanda persalinan yang hampir pasti akan dialami oleh wanita hamil selama persalinan normal adalah kontraksi. Persalinan aktif menyebabkan kontraksi, interval yang menjadi lebih dekat dan lebih intens dari waktu ke waktu. Jika memungkinkan, catat jarak antara kontraksi untuk memprediksi kapan harus pergi ke rumah sakit.

3. Pecahnya Air Ketuban

Pecahnya ketuban, tidak ada ketentuan untuk setiap wanita hamil. Namun, ingatlah bahwa air ketuban yang pecah adalah tanda terakhir bahwa persalinan akan segera terjadi. Tentu saja, wanita hamil akan merasakan kontraksi atau tanda-tanda kelahiran yang akan datang mulai muncul. Namun perlu diingat, tidak semua wanita hamil mengalami air ketuban yang pecah.

4. Rahim yang Mulai Terbuka

Tanda persalinan berikutnya adalah serviks atau rahim yang mulai terbuka dan menipis. Biasanya ini dapat diperiksa oleh bidan atau dokter kandungan berdasarkan pemeriksaan mendalam. Namun, ini dapat bervariasi. Jika ada wanita hamil lain dengan usia kehamilan yang sama, rahimnya mulai terbuka terlebih dahulu, itu tidak berarti ada masalah dengan kondisi tubuh Anda.

5. Kram Perut Dan Nyeri Punggung

Sebelum melahirkan, Anda mungkin merasakan tekanan atau kontraksi di daerah panggul dan dubur Anda sebagai tanda lahir. Namun, tanda-tanda Anda ingin segera melahirkan bukan hanya itu. Anda juga mungkin mengeluh sakit pada paha dan punggung bagian bawah, terutama jika ini bukan kehamilan pertama Anda. Dalam kondisi ini, otot dan persendian biasanya akan meregang.

6. Perubahan Mood

Selain energi dalam tubuh yang berubah baik meningkat atau menurun, hal itu juga dapat mempengaruhi suasana hati Anda. Kondisi ini bisa menjadi salah satu gejala persalinan semakin dekat. Sadar atau tidak, tanda-tanda Anda akan atau segera melahirkan apa yang akan menambah atau mengurangi energi dalam tubuh Anda.

Mengetahui tanda-tanda persalinan semakin dekat sangat penting bagi ibu hamil. Dengan mengetahui tanda-tanda persalinan, Anda akan lebih siap untuk masa kelahiran. Terutama mereka yang berencana untuk melahirkan secara normal. Kalau tidak, Jika Anda berencana melahirkan secara caesar, Anda dapat melahirkan kapan saja selama Anda cukup fisik untuk dilahirkan.

Like and Share ya šŸ™‚