Cara Menghitung Satuan Kredit Semester agar Lulus dengan Cepat

Cara Menghitung Satuan Kredit Semester agar Lulus dengan Cepat

Apa itu satuan kredit semester? Bagi mahasiswa tentunya sudah akrab dengan istilah SKS. Ukuran yang digunakan setiap universitas untuk menilai kemampuan dan hasil belajar mahasiswa selama kuliah. Sebagai ukuran besarnya beban studi mahasiswa. Jadi nantinya akan menjadi pertimbangan mahasiswa dalam memilih mata kuliah yang akan di ambil pada semester berikutnya.

Setiap mata kuliah mempunyai kredit yang berbeda semakin berat mata kuliah (jam belajarnya lebih lama, ada praktikum, tugas lapangan dan sebagainya) jumlah kreditnya akan lebih banyak. Mengambil mata kuliah dengan jumlah kredit yang banyak tentu akan mempercepat kelulusan. Karena semakin cepat beban studi terselesaikan.

Beban studi masing-masing program kuliah berbeda-beda. Sarjana atau s1 umumnya beban studi yang harus diselesaikan adalah 140-160 , D3 umumnya 110-120 SKS. Agar bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu mahasiswa harus memperoleh nilai yang bagus untuk tiap mata kuliah. Sehingga semester berikutnya bisa mengambil beban studi secara maksimal dan semakin mempercepat pemenuhan kredit sebagai syarat kelulusan.

Pentingnya Mengatur Waktu Belajar

Memasuki dunia perkuliahan memang berbeda dengan sekolah-sekolah sebelumnya. Lebih banyak waktu kosong di sela jadwal kuliah tak jarang membuat mahasiswa terlena. Jadi lebih malas belajar, banyak bermain dengan dalih bersosialisasi dengan teman baru. Cara belajar yang kurang disiplin berbeda dengan masa SMA atau SMP yang begitu padatnya jam sekolah ditambah les dan mengerjakan PR.

Merasa diberi kebebasan karena sudah dianggap dewasa tak jarang membuat mahasiswa menomorduakan kewajiban belajar. Lebih banyak bermain, mengikuti kegiatan luar kelas atau luar kampus, mungkin juga mengambil pekerjaan sampingan. Yang tanpa disadari mengganggu jam belajarnya sehingga membuat mereka tidak bisa lulus tepat waktu.

Jadi perlu sekali prioritas kuliah. Tujuannya adalah lulus dengan IP memuaskan dan mendapatkan karir impian. Maksimalkan belajar ketika mendekati ujian semester. Tinggal sementara kegiatan luar kelas ketika menjelang ujian. Rapikan catatan kuliah agar bisa dibaca bahkan ketika menjalani kerja sampingan.

Tips Lulus Tepat Waktu dengan Perhitungan Satuan Kredit Semester

Setiap satu semester mahasiswa S1 setidaknya harus menyelesaikan 24 satuan kredit semester atau SKS agar bisa lulus dalam 8 semester atau 4 tahun tepat. Pada semester awal, biasanya mahasiswa diberikan mata kuliah wajib dengan beban studi yang sudah diperhitungkan. Jadi di awal perkuliahan semua mahasiswa mendapat beban yang sama.

Tetapi hasil dari semester pertama tersebut tentu masing-masing mahasiswa berbeda. Ada yang mendapat nilai memuaskan ada yang kurang bahkan kurang sekali. Nilai ini akan mempengaruhi jumlah beban studi yang bisa diambil di semester berikutnya. Nilai yang tidak memenuhi standar di semester yang sudah berjalan menandakan bahwa mahasiswa belum mampu menyelesaikan studinya.

Perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta menerapkan aturan yang sama. Jadi jika ingin lulus tepat waktu harus bisa mengatur jadwal belajar, mengurangi kegiatan di luar kelas yang tidak mendukung proses belajar, perbanyak membaca buku dan literature untuk menyelesaikan tugas dan laporan praktikum dan sebagainya. Berusahalah mendapat nilai minimal B untuk setiap mata kuliah.

Dengan begitu setiap semesternya bisa mengambil beban studi yang maksimal. Padatkan kuliah pada semester-semester awal agar nanti ketika semester 7 atau 8 bisa fokus mengerjakan skripsi. Tidak perlu lagi mengulang kuliah pada mata kuliah yang nilainya kurang sebagai perbaikan. Jadi penting sekali memperhitungkan satuan kredit semester untuk mempercepat kelulusan.

Like and Share ya šŸ™‚