Cara Bikin Pepes Ikan Mudah, Murah, dan Siang Menggoyang Lidah

Cara Bikin Pepes Ikan Mudah, Murah, dan Siang Menggoyang Lidah

Kata siapa jika ingin makan ikan, bunda harus mengeluarkan budget yang cukup besar. Agaknya bunda perlu bersyukur karena bisa tinggal di Indonesia. Negara ini kaya akan bahan makanan termasuk ikan lautnya. Salah satu ikan laut yang bisa bunda bikin masakan yang lezat tetapi tak mengeluarkan banyak biaya adalah ikan tongkol. Berbekal ikan tongkol, bunda bisa mencoba resep untuk membuat pepes ikan tongkol yang konon katanya rasanya akan membuat bunda dan keluarga ketagihan. Selain itu, ikan tongkol juga memiliki kadar gizi yang cukup tinggi sehingga kebutuhan nutrisi tubuh tetap bisa terpenuhi.

Kira kira bahan apa saja yang bunda butuhkan ketika ingin membuat pepes ikan tongkol? yang namanya pepes, pastinya akan membutuhkan daun pisang. Apabila bunda ingin menghemat biaya, jika bunda memiliki pohon pisang, bunda bisa mengambilnya dari kebun. Untuk bahan-bahan yang lain, bunda bisa membelinya di pasar tradisional atau swalayan terdekat. Hanya dengan berbekal uang tak lebih dari 30 ribu rupiah, bunda sudah bisa menyajikan makanan enak yang bisa disantap oleh seluruh anggota keluarga di rumah.

Bahan untuk Membuat Pepes Ikan Tongkol

Bahan utama yang bunda butuhkan ketika ingin membuat pepes ikan tongkol adalah ikan tongkol. Ikan tongkol sendiri ada 2 macam, ada yang ukurannya kecil dan ukuran besar. Apabila bunda tak ingin ribet, bunda bisa memilih ikan tongkol ukuran besar. Tetapi, jika bunda ingin mempermudah anggota keluarga dalam menyantapnya, bunda bisa memilih ikan tongkol ukuran kecil. Pilihlah ikan tongkol yang sesuai dengan selera bunda, kira kira berukuran 250 gram. Bahan lain yang tentunya bunda butuhkan untuk menunjang cita rasa ikan tongkol adalah 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 ruas kunyit yang nantinya bisa bunda bakar, 1 ruas lengkuas, 2 buah kemiri, 1 ikat daun kemangi, daun pisang secukupnya, 1 sendok teh maggi magic lezat dan 50 ml air.

Cara Membuat Pepes Ikan Tongkol

Bahan- bahan yang nantinya akan dibuat untuk pepes ikan tongkol sebagian besar dihaluskan. Bahan-bahan yang harus bunda haluskan adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, dan kemiri. Apabila bunda menghaluskan dengan cara menguleknya, maggi magic dan air bisa ditambahkan setelah semua bahan telah halus. Tetapi, jika bunda tak ingin ribet dan lebih memilih menghaluskan bahan dengan blender, bunda bisa menyiapkan semua bahan termasuk air serta maggi magic. Setelah itu, bunda bisa menghaluskan semua bahan dengan blender sampai teksturnya lembut.

Selanjutnya, siapkan ikan tongkol dan baluri tongkol-tongkol tersebut dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Jangan lupa pula menambahkan daun kemangi agar ikan pepes semakin sedap. Usahakan bunda membalurinya dengan rata supaya rasanya pas di lidah. Selesai membaluri, bunda bisa membungkuskan dengan daun pisang yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. kemudian. Bunda bisa mengukus ikan tongkol selama 15 menit dan meniriskannya. Pepes ikan tongkol yang sudah jadi, bisa bunda sajikan ditemani dengan beberapa lalapan seperti irisan tomat, mentimun, kobis dan selada supaya pepes ikan tongkol semakin menggetarkan lidah penikmatnya. Selamat mencoba!

Like and Share ya 🙂