Makanan Sehat Untuk Ibu menyusui

Beragam Makanan sehat untuk ibu menyusui yang di Rekomendasikan

Masa saat dimana seorang ibu mulai menyusui, merupakan salah satu hal yang penting terutama untuk tumbuh dan kembang si bayi. Hal ini juga yang membuat para orangtua, khususnya ibu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk salah satunya dengan makanan sehat. Makanan sehat untuk ibu menyusui sendiri, memiliki beberapa jenis.

Tentunya hal ini akan membantu untuk asupan ibu menyusui, selalu memberikan nutrisi terbaik untuk si bayi. Namun meski demikian, dalam hal ini ada beberapa ibu yang kalorinya sudah tercukupi. Hal ini juga tergantung dengan bagaimana berat sebelum hamil, dan sesudah hamil yang dialami oleh si ibu.

Berikut ini adalah beragam makannya  sehat untuk ibu menyusui, yang dapat anda jadikan sebagai rekomendasi untuk tambahan nutrisi.

  1. Telur

Telur merupakan salah satu sumber dari protein, dan juga merupakan sebuah pilihan yang sangat mudah untuk di konsumsi oleh ibu menyusui. Telur sendiri, sangat berguna untuk anda yang ingin menambah lemak esensial pada air susu ibu yang anda miliki. Anda dapat mengkonsumsi telur, dengan cara direbus atau bahkan dibuat orak-arik untuk sarapan.

  1. Salmon

Ikan salmon, merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu menyusui yang sangat baik dan menjadi sumber DHA terbaik. Hal ini akan memiliki pengaruh baik, untuk menjaga kesehatan saraf bayi. Bahkan selain kandungan DHA yang dimilikinya, dalam hal ini salmon juga mampu untuk menghindari depresi, yang kemungkinan akan dialami setelah melahirkan.

  1. Beras cokelat

Selain dengan salmon dan juga telur, dalam hal ini beras cokelat juga mengandung banyak serat dan juga nutrisi. Dalam hal ini, akan membuat anda merasa kenyang lebih mana karena dapat menahan kadar gula untuk naik secara drastis. Tentunya hal ini juga akan sangat baik, untuk di konsumsi oleh ibu menyusui. Beras cokelat ini, juga sangat baik untuk anda yang sedang menyusui dan juga membantu produksi ASI.

  1. Sayuran hijau

Untuk anda yang sedang menyusui, anda dapat mengkonsumsi berbagai sayuran hijau terutama untuk bayam dan juga brokoli. Dalam hal ini, sayuran hijau sendiri memiliki kandungan yang sangat kaya dengan vitamin A. Vitamin ini sangat baik, untuk ibu menyusui dan juga untuk bayi. Selain itu juga kaya dengan vitamin C, zat besi dan antioksidan.

  1. Susu

Asi sendiri sudah terkandung dengan kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dalam hal ini, akan sangat membantu anda untuk dapat membantu perkembangan dari tulang si bayi. Susu sendiri juga merupakan, salah satu sumber kalsium yang terbaik. Dengan meminum tiga cangkir susu dalam sehari, sudah dapat memenuhi berbagai kebutuhan, yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dan bayi.

  1. Kurma

Banyak yang belum mengetahui, jika kurma merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu menyusui. Dalam hal ini, kurma sendiri merupakan camilan yang manis, dan mengandung kalsium yang tinggi. Kurma juga membantu untuk mendorong produksi ASI. Kurma memiliki kandungan serat, yang sangat baik untuk ibu menyusui. Selain kurma, ibu menyusui juga dapat mengkonsumsi almond.

Masih banyak lagi beragam pilihan makanan, yang mana dapat anda jadikan sebagai referensi untuk makanan yang sehat dan aman untuk ibu menyusui. Anda dapat mengkonsumsi berbagai makanan diatas namun dapat dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, untuk memastikan bahwa makanan tersebut aman dan cocok untuk setiap individu.

Like and Share ya 🙂