Atasi Masalah Mata Kering Saat Menopause dengan Insto Dry Eyes

Atasi Masalah Mata Kering Saat Menopause dengan Insto Dry Eyes

Mata perih, merah, gatal dan rasa tidak nyaman lain yang timbul akibat mata yang kering dapat menggangu aktivitas. Saat memasuki masa menopause resiko terjadinya kondisi tersebut semakin besar. Agar bisa menghindari hal tersebut, berikut ini pembahasan tentang penyebab dan bagaimana cara mengatasi kondisi mata yang kering.

Penyebab Mata menjadi kering

Berbagai gejala seperti mata menjadi perih, berwarna merah, muncul rasa gatal, pandangan buram dan mata berair merupakan gejala umum yang ditimbulkan sindrom mata kering. Dalam istilah medis kondisi ini dikenal dengan keratoconjunctivitis sicca. Penyebab mata menjadi kering adalah akibat lubrikasi yang kurang baik oleh air mata.

Secara umum ada 2 hal yang menyebabkan lubrikasi oleh air mata tidak optimal, yaitu penguapan air mata dan gangguan pada produksi air mata, baik secara kualitas maupun kuantitas. Berbagai aktivitas yang membutuhkan fokus visual tinggi seperti membaca, menatap layar komputer atau gawai dan berkendara membuat reflek berkedip menurun.

Berkedip merupakan cara mata melubrikasi dan membersihkan mata, ketika refleknya menurun hal tersebut akan terganggu dan menyebabkan mata pegel dan kering. Mata yang terbuka lebih lama juga menyebabkan air mata menguap lebih cepat dan tidak segera tergantikan.

Hal lain yang dapat menyebabkan penguapan air mata adalah kondisi lingkungan, seperti udara panas, tiupan angin yang kencang dan ruangan ber-AC. Kondisi lingkungan tersebut dapat mempercepat proses penguapan air mata ketika melakukan kegiatan aktivitas visual tinggi dalam waktu yang lama.

Produksi air mata dapat terganggu oleh beberapa faktor, seperti perubahan hormon seperti saat memasuki masa menopause, kehamilan dan penuaan. Selain itu ada juga faktor penyakit medis tertentu dan penggunaan obat-obatan tertentu yang menyebabkan produksi air mata terganggu.

Air mata diproduksi oleh kelenjar lakrima, dimana produksi tersebut diatur oleh hormon. Ketika memasuki masa menopause banyak sekali perubahan hormon yang terjadi pada tubuh. Penelitian menunjukan bahwa penurunan hormone reproduksi mempengaruhi jaringan dan komposisi air mata, sehingga mata sepet dan kering pada wanita yang menopause lebih sering terjadi.

Cara Mengatasi Mata yang Kering

Mata yang kering jika tidak segera ditangani dengan baik akan menyebabkan masalah lain yang lebih serius, seperti luka pada kornea, peradangan (konjungtivitis) bahkan gangguan penglihatan. Meskipun kasusnya sangat jarang terjadi untuk gengguan penglihatan.

Karena sumber masalahnya adalah air mata, Anda bisa mengunakan Insto Dry Eyes sebagai pengganti sementara air mata alami. Insto Dry Eyes diformulasikan khusus untuk mengatasi berbagai masalah mata kering. Insto Dry Eyes juga sudah dilengkapi dengan antibakteri yang dapat meminimalisir terjadi infeksi kuman.

Sebagai tindak pencegahan Anda bisa mengurangi durasi kegiatan yang membutuhkan fokus visual tinggi. Jika memang tidak bisa dihindari, lakukanlah kegiatan 20-20-20, dimana setiap Anda melakukan aktivitas fokus visual seperti menatap layar dan membaca selama 20 menit Anda harus beristirahat selama 20 detik dengan menatap objek yang berjarak 20 kaki (6 meter).

Jika Anda bekerja di depan layar, Anda bisa mengatur tingkat keterangan layar senyaman mungkin. Anda juga bisa menggunakan kaca mata anti radiasi dan sinar UV untuk meminimalisir paparan cahaya layar. Jika perlu lakukanlah pengompresan mata dengan air hangat agar otot mata menjadi relaks dan kelenjar lakrima dapat bekerja dengan baik.

Perubahan hormon saat menopause memang tidak bisa dihindari, namun masalah mata menjadi kering bisa Anda cegah dan atasi. Jangan paksakan aktivitas Anda, jika mata lelah dan terasa kering segeralah beristirahat dan gunakan Insto Dry Eyes agar mata Anda kembali segar dan nyaman.

Like and Share ya 🙂