7 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan

7 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan

Mengonsumsi kopi sudah menjadi candu bagi para penikmatnya. Namun, sebagian orang lebih menyukai kopi manis dibandingkan tanpa gula. Padahal kopi hitam tanpa gula lebih aman karena tidak mengandung lemak, karbohidrat, protein dan nol kalori. Banyak manfaat yang terkandung di dalam kopi tanpa gula. Berikut ini manfaat kopi tanpa gula.

1. Membantu Daya Ingat

Kopi tanpa gula bermanfaat untuk pikiran. Kopi dapat membantu otak untuk tetap aktif dan membantu meningkatkan daya memori. Tak hanya itu, kopi juga dapat membantu menjaga saraf agar tetap aktif sehingga dapat mencegah demensia.

2. Menjaga Mood

Mengonsumsi kopi tanpa juga dapat membantu menjaga pikiran dan tubuh Anda tetap muda. Minumlah kopi dua kali sehari untuk mencegah penyakit parkinson. Kafein dalam kopi meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Dopamin juga bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati Anda, jadi kopi juga dapat mencegah depresi.

3. Membantu Fungsi Kognitif Otak

Kandungan kafein di dalam kopi bermanfaat sebagai stimulan psikoaktif yang bereaksi dengan tubuh dan dapat meningkatkan suasana hati. fungsi kognitif seseorang dan energi. Jadi, setelah mengonsumsi kopi akan membuat Anda relatif pintar selama periode waktu tertentu.

4. Mencegah Kanker

Mengonsumsi kopi tanpa gula terbukti dapat melawan kanker. Wanita yang mengonsumsi kopi sehari 4 cangkir dapat mengalami penurunan risiko kanker payudara karena kopi melepaskan phytoestrogen dan  flavonoid yang bermanfaat untuk menahan pertumbuhan kanker. Namun, Anda hanya akan mendapatkan manfaatnya jika mengonsumsi 4 cangkir sehari tidak kurang.

Tak hanya kanker payudara, ternyata wanita yang mengonsumsi kopi lebih dari sekali dalam sehari juga memiliki risiko terserang kanker kulit dan kanker endometrium. Hal ini terjadi karena kopi memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.

5. Membakar Kalori

Kopi mengandung zat aktif seperti kafein, asam klorogenat, theophylline dan theobromine. Zat-zat ini dapat mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga merangsang sistem saraf langsung ke sel lemak untuk memecahkan lemak tubuh dan melepaskannya ke dalam darah. Maka dari itu, jika Anda ingin diet, Anda bisa mengonsumsi kopi namun dengan dosis yang tepat.

6. Memperpanjang Umur

Mengonsumsi kopi secara teratur 2 cangkir sehari hingga 4 cangkir sehari dapat mengurangi risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang jarang mengonsumsi kopi. Nah, maka dari itu tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi kopi setiap hari namun jangan berlebihan. Meskipun kopi memiliki rasa pahit, namun memiliki khasiat yang luar biasa.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Jantung

Mengonsumsi kopi tanpa gula secara rutin dapat menyehatkan tulang dan jantung. Kandungan kalsium dalam kopi dapat mengurangi potensi kerusakan tulang pada lansia. Kandungan kalium dalam kopi dapat menjaga stabilitas detak jantung. Jadi, mengonsumsi kopi tanpa gula dapat meminimalisir risiko penyakit tulang dan jantung.

Nah, sekarang Anda sudah tahu manfaat kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan. Namun, bukan berarti Anda harus mengonsumsi secara berlebihan. Bagi Anda yang doyan kopi. Anda bisa mencoba berbagai jenis kopi.

Like and Share ya 🙂