6 Tips Memilih Pembalut yang Aman Sesuai Aktivitas

6 Tips Memilih Pembalut yang Aman Sesuai Aktivitas

Ada berbagai macam cara untuk menjaga kesehatan Miss V ketika sedang dalam keadaan menstruasi, salah satu cara yang mudah dan tepat adalah menggunakan pembalut yang aman dan tepat. Sayangnya hingga saat ini tidak semua wanita perduli dengan pembalut yang digunakan saat menstruasi. Ditambah saat ini dipasar terjual dengan bebas berbagai macam pembalut dari yang tebal, tipis, tidak berkerut, panjang, bersayap dan tanpa sayap hingga yang memiliki bau harum pun ada.Sebenarnya memilih pembalut yang tepat tidaklah sulit. Cukup memilih sesuai aktivitas yang dijalani agar tetap nyaman menjalani hari selama menstruasi.

Darah haid yang dikeluarkan wanita tidak sama antara wanita yang satu dengan yang lainnya. Umumnya darah haid keluar paling banyak pada hari pertama dan kedua saat menstruasi. Dalam satu siklus menstruasi biasanya mengeluarkan darah sekitar 50-100 militer. Aktivitas sehari-hari juga mempengaruhi jumlah darah haid yang keluar melalui vagina.

Oleh karena itu wanita diwajibkan menggunakan pembalut yang mampu menopang kegiatan sehari-hari tanpa hambatan apapun. Sekarang ini sudah banyak pembalut yang bisa di jumpai di pasaran. Berikut adalah tips menentukan pembalut yang cocok dengan aktivitas.

  1. Gunakan pembalut bersayap

Untuk wanita yang bekerja diluar rumah dengan aktivitas yang padat dan terus bergerak, ada baiknya menggunakan pembalut yang bersayap. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, semakin aktif pergerakan maka akan semakin banyak juga darah haid yang dikeluarkan.

Untuk wanita yang tidurnya sangat aktif gunakanlah pembalut charm malam, pembalut khusus untuk tidur dimalam hari dengan kondisi tidurnya yang aktif bergerak kesana kemari.

Pembalut Charm malam bentuknya lebar serta flexibel sehingga mampu mencegah bocor saat tidur walaupun kamu berguling kesana kemari cairan tetap terkunci dipembalut.

  1. Pembalut tanpa sayap

Pembalut tanpa sayap cocok digunakan untuk wanita yang memiliki aktivitas dengan intesitas rendah.

  1. Sirkulasi Udara

Pilihlah pembalut yang miliki sirkulasi udara yang baik tanpa harus mengurangi daya serapnya terhadap darah haid yang dikeluarkan. Salah satu merk yang memenuhi kriteria ini adalah pembalut merk Charm, hampir semua varian prodaknya memenuhi kriteria pembalu yang baik dan aman.

  1. Tanpa klorin

Hindari penggunaan pembalut yang mengandung zat kimia berbahaya seperti klorin. Pembalut yang mengandung klorin bisa berakibat iritasi dan gangguan pernapasan. Pada kasus yang lebih serius zat klorin mampu menimbulkan penyakit kanker.

  1. Aroma

Jangan gunakan pembalut yang mengandung parfum karena bisa berakibat menimbulkan kanker.

  1. SNI

Terlepas dari 5 cara diatas memilih pembalut yang tepat, pastikan pembalut yang masuk kriteria diatas memiliki logo SNI yang artinya pembalut ber SNI sudah lulus uji oleh pemerintah.

Jadi sebelum membeli pembalut untuk kebutuhan saat menstruasi, pastikan pembalut yang dibeli sudah memenuhi 6 aspek diatas, supaya nyaman dan aman saat digunakan. Semoga bermanfaat

Like and Share ya 🙂