6 Poin Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Menulis Artikel Pendidikan

6 Poin Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Menulis Artikel Pendidikan

Artikel pendidikan merupakan sebuah tulisan atau karya tulis yang dibuat oleh seseorang yang berikan tentang informasi seputar pendidikan yang dapat memberikan informasi kepada banyak orang. Biasanya jenis artikel ini bisa saja ditulis dan dipublikasikan melalui koran, website, dan berbagai media online. Berikut beberapa poin yang perlu Anda perhatikan jika ingin menulisnya.

  1. Tentukan Tema

Hal paling utama yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membuat artikel pendidikan adalah menentukan tema artikel yang akan Anda tulis. Mengingat cakupan tentang pendidikan cukup luas, Anda perlu menentukan tema terlebih dahulu. Tema ini juga akan membantu dan mempermudah Anda dalam menentukan judul yang tepat dengan tulisan Anda.

Karena sifat pendidikan yang sangat universal, pastikan Anda memilih tema yang mudah dipahami oleh masyarakat. Untuk dapat menentukan tema artikel yang sesuai, Anda dapat melakukan observasi atau penelitian terlebih dahulu. Pastikan untuk melakukan perencanaan dengan matang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menulisnya.

  1. Membuat Kerangka

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah merancang kerangka tulisan. Mengapa harus demikian? Pasalnya hal ini akan membuat tulisan Anda agar tersusun lebih sistematis. Untuk itu sebelum menulis pastikan untuk membuat kerangka terlebih dahulu. Kerangka ini pada umumnya berisikan hal apa saja yang akan Anda tulis secara runtut pada artikel yang akan dibuat.

  1. Pahami Bahasa Penulisan

Poin selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membuat artikel adalah bahasa penulisan. Pada umumnya artikel untuk pendidikan biasanya cenderung memiliki bahasa yang lebih sederhana karena sasaran pembacanya yang lebih universal. Lain halnya dengan jenis artikel lainnya yang menggunakan bahasa formal dan terkesan kaku.

Bahkan untuk artikel tema pendidikan di media masa tertentu juga memiliki gaya bahasa sendiri. Jadi jika Anda berkeinginan untuk mengirimkan hasil artikel yang Anda buat, pastikan untuk mempelajari gaya bahasa yang dimiliki oleh media masa tersebut. Gaya bahasa yang digunakan juga akan mempengaruhi citra tulisan yang Anda buat.

  1. Buat Pembukaan yang Menarik

Dalam membuat sebuah artikel tentunya Anda harus memperhatikan paragraf pembuka untuk memulai tulisan. Ketika membuat paragraf pembuka, pastikan Anda menggunakan kalimat yang memiliki peran penting untuk keseluruhan artikel yang akan Anda tulis. Dengan paragraf pembuka yang menarik maka sesorang juga akan semakin tertarik untuk membaca tulisan Anda.

Meski paragraf pembuka tersebut sudah ditulis dan dibuat semenarik mungkin, namun juga perlu untuk Anda ingat bahwa sifat dari artikel tema pendidikan cukup sistematis. Untuk itu, pastikan Anda menulis paragraf pembuka yang simpel dan mudah dimengerti oleh pembaca umum.

  1. Tulis Isi Artikel Secara Sistematis

Tak hanya paragraf pembukanya yang semenarik mungkin. Pastikan Anda juga menulis bagian isi artikel dengan sistematis. Tulislah isi artikel dengan bahasa yang tepat dan mudah dipahami. Pastikan untuk tidak menggunakan kata yang ambigu. Bagian isi artikel harus didasari dengan pemikiran Anda sendiri. Untuk itu pastikan menulis secara logis dan empiris.

  1. Tulis Penutup yang Kuat

Setelah memaparkan beberapa pokok pada bagian isi, maka poin selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah menulis paragraf penutup yang kuat dan meyakinkan. Anda bisa menuliskan rangkuman dari tulisan keseluruhan. Tutup artikel secara lugas dan tepat menggunakan bahas yang mudah dimengerti. Setelah itu pastikan juga melakukan penyuntingan pada tulisan Anda.

Itulah beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika hendak menulis artikel pendidikan. Menulis artikel bukanlah asal menus saja, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan seperti di atas. Selain itu agar lebih jelasnya, Anda juga bisa melihat contoh artikel tema pendidikan dengan mengunjungi fastwork.id.

Like and Share ya 🙂