5 Manfaat Minum Kopi Setiap Pagi yang Harus Anda Ketahui

5 Manfaat Minum Kopi Setiap Pagi yang Harus Anda Ketahui

Kopi merupakan minuman wajib yang harus tersedia bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Kebiasaan ngopi pada pagi hari bukan hal yang asing ditemani sepiring gorengan atau kue lainnya. Bahkan ada banyak orang yang mengaku tidak menikmati hari tanpa minum secangkir kopi lebih dulu. Sebenarnya, apa kelebihan kopi dibandingkan dengan minuman lain bagi kesehatan tubuh?

Manfaat minum kopi setiap hari

Jika Anda memang sudah terbiasa minum secangkir kopi setiap pagi, maka bisa mendapatkan beberapa kelebihan kopi dalam dunia kesehatan yaitu :

1.  Bisa meningkatkan fungsi otak menjadi lebih baik

Manfaat minum kopi bisa membuat otak menjadi lebih aktif sehingga daya ingat bisa meningkat, fokus dan konsentrasi lebih tinggi serta memiliki kemampuan respons terhadap sesuatu lebih baik. Tak heran kalau banyak orang bilang bahwa kopi merupakan stimulan terbaik sebelum berangkat kerja atau kuliah. Pada orang yang berusia lebih dewasa atau di atas 65 tahun, konsumsi kopi bisa menurunkan risiko terkena penyakit saraf Parkinson dan Alzheimer.

2.  Bisa membakar lemak lebih cepat

Kopi bisa menurunkan berat badan Anda asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Mengkonsumsi secangkir kopi bisa membakar kalori atau lemak tubuh 3-11 persen. Jika Anda ingin menjalankan program diet, tidak ada salahnya mengkonsumsi kopi hitam yang punya efek pembakaran lemak tubuh ini.

3.  Bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan jenis penyakit yang bisa menyebabkan masalah kesehatan lebih serius, misalnya penyakit jantung dan stroke. Tak heran kalau orang yang menderita diabetes 2 rentan mengalami masalah komplikasi dan berujung pada kematian. Minum kopi dengan gula yang berlebihan bisa membuat kadar gula dalam darah meningkat, tetapi kopi hitam atau menggunakan gula sedikit bisa membantu produksi insulin dalam tubuh lebih baik.

4.  Bisa menjaga kesehatan hati

Batasan mengkonsumsi kopi hanya 4 gelas per hari agar Anda bisa mendapatkan manfaat bukan dampak buruk kafein bagi tubuh. Salah satu manfaat minum kopi pada pagi hari bisa menjaga kesehatan hati dari risiko penyakit sirosis atau kanker hati yang mematikan.

5.  Bisa membantu mengelola stress dan hilangkan depresi

Berdasarkan penelitian di lapangan menunjukkan bahwa wanita yang aktif minum kopi pada pagi hari lebih bebas dari risiko stress dan depresi. Kesehatan mental bisa membuat orang yang rentan stress atau depresi mengakhiri hidup dengan bunuh diri. Namun, penelitian dari Universitas Harvard menunjukkan ada penurunan angka 20 persen pada wanita pecandu kopi yang alami masalah depresi.

Nah, sudahkah Anda mengkonsumsi secangkir kopi untuk memulai aktivitas harian pagi ini? Konsumsi kopi dalam batas wajar bisa membantu Anda memiliki hidup yang berkualitas, lho! Yuk, dapatkan kelebihan kopi dengan mengkonsumsinya dalam batasan yang direkomendasikan!

Like and Share ya 🙂