Komponen yang Wajib Diperiksa saat Servis Kaki-Kaki Mobil

4 Komponen yang Wajib Diperiksa saat Servis Kaki-Kaki Mobil

Kondisi komponen kaki-kaki mobil merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan. Sebab, jika komponen tersebut mengalami kerusakan, akan membuat mobip tidak bekerja secara optimal.

Salah satu penyakit komponen kaki-kaki mobil biasanya terdapat pada bagian Rack Steer. Maka, bagian tersebut wajib diperiksa. Apalagi jika mobil sudah tua dan menggunakan sistem elektrik.

Kaki-kaki mobil harus mendapatkan pemeriksaan karena bagian tersebut mendapatkan tekanan paling besar. Perfoma komponen kaki-kaki mobil erat hubungannya dengan aspek kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

Apabila terjadi kerusakan pada bagian tersebut, bagian dari komponen lain juga bisa ikut terkena dampaknya. Berikut bagian komponen kaki-kaki mobil yang wajib dirawat atau diperiksa :

Suspensi

Suspensi memiliki fungsi untuk meredam berbagai goncangan yang terjadi akibat medan jalan yang tidak rata, berlubang, atau kondisi rusak lainnya. Suspensi terbuat dari bahan baja anti karat yang mempunyai daya tahan tinggi.

Jika membawa mobil Anda ke bengkel kaki kaki mobil, maka pastikan atau tanyakan bahwa bagian ini sudah mendapatkan pemeriksaan dengan baik.

Suspensi yang terlalu sering digunakan atau digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama akan membuat daya redamnya menurun. Hal itu akan menyebabkan mobil terasa limbung saat dikendarai. Terlebih saat mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi, ketidaknyamanan tersebut akan semakin terasa.

Untuk mendeteksi kerusakan suspensi, cara termudah adalah dengan memperhatikan apakah terdapat suara bising ketika mobil berjalan. Anda juga bisa mencobanya dengan mengendarai mobil di jalanan lurus dengan kecepatan tinggi.

Bushing Arm

Komponen kaki-kaki mobil yang satu ini bertanggung jawab dalam meredam getaran yang terjadi pada sambungan antar komponen suspensi. Selain itu, bushing arm juga difungsikan sebagai lengan dan titik tumpu pencengkeram roda.

Apabila terjadi kerusakan pada bushing arm, maka mobil tidak akan terasa nyaman dikendarai. Suara bising komponen ini akan membuat pengendara tidak nyaman.

Untuk mendeteksi kerusakan pada komponen ini, Anda bisa mengamati arah laju mobil saat dikendarai. Apabila mobil terasa melenceng ke arah kanan atau kiri, maka Anda perlu melakukan servis kaki kaki mobil di bagian bushing arm.

Bearing

Salah satu bagian terpenting dari kaki-kaki mobil selanjutnya yaitu bearing. Bearing merupakan komponen yang bertugas menjadi bantalan pada roda yang sangat berpengaruh terhadap putaran roda. Komponen ini juga berpengaruh terhadap kestabilan laju kendaraan.

Agar dapat mendeteksi kerusakan yang ada pada bearing, Anda perlu memerhatikan putaran roda. Anda perlu mendongkrak ban mobil, lalu putarlah ban secara manual dan perhatikan putaran roda satu per satu.

Apabila terdapat suara bising atau gemuruh, maka terdapat masalah pada bearing mobil Anda. Maka, segeralah ganti bearing mobil Anda dengan yang baru.

Ban

Apabila kendaraan menempuh perjalanan panjang, maka bagian mobil yang paling merasakan dampaknya adalah ban. Sebab, ban mendapatkan gesekan langsung dari aspal dan bekerja paling keras di setiap perjalanan.

Akan tetapi, pada saat Anda melakukan pemeriksaan terhadap komponen kaki-kaki mobil seperti Rack Steer, Tie Rod, dan Long Tie Rod, dan mendapati komponen-komponen tersebut mengalami kerusakan. Maka, jangan pernah mencoba untuk memperbaiki atau mengakalinya sendiri.

Apabila Anda memperbaiki sendiri ban mobil, maka kemungkinan besar ketidaknyamanan atas mobil Anda masih akan terasa. Oleh karena itu, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel kaki-kaki mobil untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kisaran Harga Perbaikan Komponen Kaki-Kaki Mobil

Umumnya, pergantian satu set Rack menghabiskan dana sekitar 9 hingga 12 jutaan rupiah. Apabila Anda membeli sparepart sendiri, biaya pemasangannya hanya sekitar Rp 500 hingga 600 ribuan.

Apabila ada part copotan atau part dari kendaraan lain yang dipilih, maka biasanya pihak bengkel juga tidak akan mau memberikan harga murah. Anda akan diberi harga yang biasanya mencapai 3,5 hingga 4 juta rupiah.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan perawatan kaki-kaki mobil, terutama bagian. Sebab, biaya pergantiannya tidaklah murah. Anda bisa melakukan perawatan ban dengan melakukan rotasi agar ban Anda awet dan nyaman saat mobil dikendarai.

Demikianlah komponen-komponen dari kaki-kaki mobil yang perlu diperiksa. Pastikan Anda melakukan servis kaki-kaki mobil jika diperlukan untuk menghindari kerusakan yang besar. Semoga bermanfaat.

Like and Share ya 🙂