Tempat Wisata di Bedugul Yang Menarik dan Bersejarah

Tempat Wisata di Bedugul Yang Menarik dan Bersejarah

Berwisata ke Bali mungkin sudah menjadi hal biasa bagi para turis. Mereka mungkin saja sudah mengunjungi berbagai objek wisata favorit di Pulau Dewata. Bali dengan berbagai luxury villas memang menarik bagi para turis sehingga mereka bisa menghabiskan waktu liburan di sana.

Bagi para turis yang berasal dari luar Pulau Bali, bahkan Indonesia, untuk berlibur di Pulau Dewata tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit tapi itu tidak mengurangi minat para turis untuk berkunjung ke sana.

Pulau Dewata ini lebih dikenal luas dengan objek wisata pantai. Ada banyak tempat wisata pantai di Bali. Di sana, para turis bisa berjemur, berenang, atau melakukan kegiatan lain di pantai.

Meski banyak pantai, bukan berarti Bali tidak memiliki tempat tujuan wisata lain. Pulau Dewata ini juga memiliki daerah pegunungan yang menjadi tempat tujuan wisata.

Deretan gunung, danau, hutan-hutan yang menyajikan kesejukan atau pun kesegaran bagi para siapa saja yang datang ke tempat itu.

Salah satunya adalah Danau Beratan Bedugul. Di sini, terdapat tempat-tempat bersejarah menarik yang bisa Anda kunjungi.

Sejarah Singkat Tentang Pura Ulun Danu Beratan

Tidak berbeda dengan daerah di Indonesia, Bali juga memiliki tempat-tempat bersejarah yang menarik. Tempat-tempat tersebut menjadi tempat wisata menarik.

Salah satunya adalah tempat wisata Danau Beratan Bedugul. Di objek wisata ini terdapat Pura Ulun Danu Beratan yang terletak di daerah pegunungan sehingga memiliki suasana sejuk dan nyaman.

Terletak di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, para pengunjung akan disuguhi keindahan alam Danau Beratan dan Pura Ulun Danu. Tempat indah ini berada sekitar 70 km dari wilayah wisata Kuta atau Bandara Ngurah Rai.

Para pengunjung dapat menikmati keindahan bangunan Pura dan Stupa Buddha di areal tempat wisata ini. Meski merupakan bangunan kuno dan sudah berusia lama, tapi kondisinya masih terjaga dan terawat.

Ada apa saja di tempat bersejarah ini?

Di sini terdapat Pura Ulun Danu yang menjadi tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai Dewi pemberi kesuburan. Tidak hanya Pura, daerah ini juga memiliki berbagai jenis buahan-buahan dan sayur mayur yang tumbuh subur subur di daerah ini.

Tidak heran jika banyak tur wisata di Bali dengan tujuan Bedugul.

Bedugul memiliki sejarah panjang yang menarik. Anda ingin tahu sejarah pendirian Pura Ulun Danu Beratan? Anda bisa melacaknya pada salah satu kisah yang terekam dalam Lontar Babad Mengwi.

Menurut situs Sejarah Bali, dalam babad itu, dituturkan mengenai kekalahan perang seorang bangsawan, bernama I Gusti Agung Putu, dari I Gusti Ngurah Batu Tumpeng.

Untuk mengatasi akibat kekalahan tersebut, I Gusti Agung Putu bertapa di puncak Gunung Mangu hingga memperoleh kekuatan dan pencerahan.

Selesai bertapa, beliau mendirikan Istana Belayu (Bela Ayu) lalu kembali berperang melawan I Gusti Ngurah Batu Tumpeng dan menang. Kemudian, I Gusti Agung Putu, pendiri Kerajaan Mengwi, mendirikan sebuah pura di tepi Danau Beratan yang kini dikenal sebagai Pura Ulun Danu Beratan.

Konon, dengan berdirinya Pura Ulun Danu Beratan telah membuat Kerajaan Mengwi dan rajanya menjadi dikenal luas.

Demikian sedikit sejarah tentang pendirian Pura Ulun Danu Beratan. Tempat menarik ini memang sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke Bali, apalagi jika saat berlibur di daerah Bedugul.

Namun jika Anda berniat berlibur ke daerah Bedugul, kenapa tidak menginap di salah satu tempat penginapan di kawasan tersebut. Sehingga saat akan mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan, Anda tidak perlu menempuh jarak tempuh yang tidak jauh.

Penginapan Mewah Nan Memuaskan di Bedugul

Anda bisa menginap di Royal Tulip Saranam Resort & Spa menawarkan berbagai fasilitas luar biasa, diantaranya kamar-kamar hotel yang dilengkapi TV satelit layar datar dan AC.

Di beberapa kamar hotel tersedia ruang duduk untuk bersantai, latar belakang pemandangan gunung, kolam renang, atau taman. Namun untuk di semua kamar tersedia kamar mandi pribadi yang dilengkapi perlengkapan mandi gratis.

Bagaimana dengan fasilitas lainnya?

Salah satu Bali Luxury Villas  ini juga menyediakan akomodasi untuk memuaskan para tamu, diantaranya, akses Wi-Fi dan pusat spa. Tersedia pula restoran, bar, tempat parkir pribadi gratis, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, saat Anda hendak berlibur ke Bali, khususnya kawasan Bedugul, bisa memilih Royal Tulip Saranam Resort & Spa sebagai tempat penginapan Anda.

Like and Share ya 🙂