Menggunakan Sandal Gunung saat Mendaki

Kelebihan & Kekurangan Menggunakan Sandal Gunung saat Mendaki

Mendaki menggunakan sandal gunung tampaknya menjadi tren akhir-akhir ini. Memang, mendaki menggunakan alas kaki jenis ini dianggap lebih mudah dan praktis. Tapi, sebenarnya apa saja kelebihan dari menggunakan alas kaki yang satu ini? Apa pula kekurangannya? Untuk lebih jelasnya, cek di bawah ini!

Kelebihan Mendaki Menggunakan Sandal

1. Harga yang Bersahabat

Kelebihan pertama yang bisa Anda dapatkan dari mendaki menggunakan alas kaki sendal adalah mendapatkan barang dengan harga yang terjangkau. Dibandingkan dengan sepatu, harga sandal jauh lebih murah. Bila sepatu untuk mendaki dihargai sekitar Rp300.000,- per pasang. Sandal hanya dihargai setengahnya saja.

2. Praktis Ketika Digunakan

Lalu, menggunakan sandal saat mendaki juga jauh lebih praktis. Anda bisa dengan mudah melepas atau memasangnya terlebih bila melakukan aktivitas dalam dan luar tenda. Bandingkan bila Anda menggunakan sepatu. Pastinya sangat ribet karena harus memasang tali-talinya, kan?

3. Ringan dan Awet

Kelebihan berikutnya yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan sandal untuk mendaki adalah lebih ringan saat digunakan. Sebab, sandal ini terbuat dari serat sintetis yang nyaman. Selain itu, sandal ini juga bisa bertahan lebih lama meskipun terkena air dan minyak. Kedua hal itu tidak akan mengurangi kualitas dari sandal yang Anda gunakan.

Kekurangan Mendaki Menggunakan Sandal

1. Kurang Aman

Dibanding menggunakan sepatu gunung, mendaki menggunakan sandal lebih tidak aman. Risiko cidera saat menggunakan sandal ketika mendaki jauh lebih tinggi. Sebab, medan yang Anda lalui adalah bebatuan terjal yang berbahaya. Bisa juga bertemu ranting yang tak sengaja menusuk kaki.

Selain itu, sandal juga kurang bisa melindungi kaki Anda dari hewan-hewan kecil yang ditemui di jalanan. Contohnya lintah atau pacet. Kedua hewan ini akan sangat mudah menyerang kaki Anda bila Anda tidak menggunakan alas kaki yang bisa menutup kaki dengan sempurna.

2. Kerikil Masuk ke Sela Kaki

Masalah lain yang bisa ditimbulkan dari menggunakan sandal saat mendaki adalah adanya kerikil yang bisa masuk ke sela-sela kaki. Kerikil ini jelas sangat mengganggu dan membuat Anda tak nyaman saat melakukan pendakian. Oleh sebab itu, bila Anda menggunakan sandal saat mendaki, disarankan untuk menggunakan kaus kaki sebagai perlindungan tambahan.

3. Dingin

Hal lain yang menjadi kekurangan dari penggunaan sandal saat mendaki adalah sandal tak bisa melindungi Anda dari hawa dingin pegunungan. Hal ini bisa menyebabkan Anda mengalami hipotermia. Jelas Anda tak ingin mengalami hal buruk yang satu ini, kan?

Itulah kelebihan dan kekurangan dari mendaki menggunakan sandal. Bila Anda ingin mendaki lebih aman meskipun agak ribet, tak masalah untuk menggunakan sepatu gunung. Tapi, Anda bingung mencari sandal atau sepatu yang terbaik? Pilih saja varian sepatu dari Eiger Adventure yang terbukti menyediakan sepatu dengan kualitas unggulan.

Like and Share ya 🙂