Cara Menyembelih Hewan Qurban yang Benar

Bagaimana Cara Menyembelih Hewan Qurban yang Benar? Ini Jawabannya

Sebelum berkurban kambing pada saat Idul Adha, ada baiknya Anda mengetahui harga kambing qurban terbaru serta tata cara penyembelihan yang benar. Lalu, bagaimana cara menyembelih hewan qurban dengan baik dan benar serta sesuai dengan syariat? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda. Simak baik-baik ya.

Berniat

Untuk mengawali penyembelihan hewan qurban, Anda harus berniat terlebih dahulu. Niat merupakan ungkapan keinginan seseorang untuk mengerjakan suatu  hal yang bertempat di hati. Jadi, sebelum menyembelih hewan qurban, jangan lupa untuk mengucapkan niat terlebih dahulu, baik secara lisan maupun dalam hati.

Mengikat Hewan Qurban

Menurut sebagian ulama, kita dianjurkan untuk mengikat hewan qurban di suatu tempat, tepatnya beberapa hari sebelum disembelih. Hal ini menunjukkan persiapan dan kesungguhan kita saat akan menyembelih hewan qurban. Selain itu, mengikat hewan qurban juga membuat hewan qurban lebih aman dan tidak lari ke sembarang tempat.

Memperlakukan Hewan dengan Baik

Salah satu adab yang perlu kita terapkan sebelum menyembelih hewan qurban adalah memperlakukan hewan tersebut dengan baik. Sebelum memotong hewan qurban tersebut, kita harus memperlakukan hewan qurban dengan lembut, tidak menghardik, atau berlaku kasar dan menyakitkan bagi hewan yang akan disembelih.

Melakukan Penyembelihan pada Siang Hari

Menurut sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Thabrani, Ibnu Abbas berkata bahwasanya Rasulullah melarang penyembelihan pada malam hari. Walaupun hadis tersebut dinilai dhoif atau lemah, namun mayoritas para ulama menetapkan penyembelihan di malam hari tetap sah, walaupun hukumnya makruh.

Menyembelih Hewan Qurban yang Benar

Tidak Memperlihatkan Pisau kepada Hewan Qurban

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah, kita diperintahkan oleh Rasulullah SAW untuk tidak memperlihatkan pisau yang nantinya akan digunakan untuk menyembelih kepada hewan qurban. Pastikan juga pisau tersebut benar-benar tajam dan sudah diasah terlebih dahulu.

 Hadapkan Hewan ke Arah Kiblat

Syaikh Abu Malik menguraikan, menghadapkan hewan qurban ke arah kiblat bukanlah salah satu syarat dalam menyembelih hewan qurban. Namun, hal ini hanyalah mustahab atau sebuah hal yang dianjurkan.

Ucapkan Basmalah dan Takbir

Agar ibadah qurban kita diterima, jangan lupa untuk mengucapkan basmalah dan takbir sebelum menyembelih hewan qurban. Dalam QS Al-An’am ayat 112, Allah SWT menjelaskan bahwa kita tidak boleh memakan daging dari binatang-binatang yang pada saat menyembelihnya, tidak disebut nama Allah di dalamnya.

Membiarkan Kaki Hewan Meronta

Salah satu cara lain yang perlu Anda lakukan saat menyembelih hewan qurban adalah membiarkan kaki hewan meronta. Selain itu, pastikan hewan yang disembelih masih benar-benar hidup ketika penyembelihan berlangsung.

Penyembelih dari Kaum Muslim atau Ahli Kitab

Syarat lain yang perlu Anda penuhi saat akan menyembelih hewan qurban adalah memastikan bahwa penyembelih dari hewan qurban tersebut merupakan orang dari kalangan muslim atau ahli kitab. Selain itu, pastikan juga penyembelih sedang tidak dalam posisi ihram.

Orang yang meneyembelih juga hendaknya orang yang benar-benar mengerti masalah hukum penyembelihan hewan qurban, syarat sahnya, dan juga tata cara penyembelihan hewan qurban tersebut. Maka, percayakan penyembelihan hewan qurban Anda pada orang yang benar-benar kompeten dalam hal tersebut.

Nah, itu dia ulasan mengenai cara menyembelih hewan qurban dengan baik dan benar, serta sesuai dengan syariat Islam. Ingin mendapatkan hewan qurban dengan harga yang lebih terjangkau? Nah, untuk mendapatkan harga kambing qurban yang lebih terjangkau, Anda bisa melakukan kurban online melalui globalqurban.com.

Like and Share ya 🙂