Alasan Harus Punya Travel Insurance saat Liburan ke Luar Negeri

7 Alasan Harus Punya Travel Insurance saat Liburan ke Luar Negeri

Travel insurance atau asuransi perjalanan adalah hal yang penting untuk dimiliki sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. Entah itu untuk sekedar liburan, bisnis ataupun untuk sekolah. Sebagian besar orang Indonesia cuek dengan asuransi perjalanan ini, padahal sebenarnya ada asuransi ini sangat diperlukan.

Ada banyak alasan kenapa Anda harus memiliki asuransi perjalanan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri ataupun melancong di dalam negeri. Anda bisa mendapat banyak keuntungan yang dapat menjamin keselataman serta kenyamanan Anda selama travelling. Berikut alasan mengapa Anda harus memilikinya.

  1. Penerbangan Delay

Pesawat delay seringkali terjadi tanpa bisa Anda tebak. Bila terjebak dalam kondisi ini pastinya sangat mengesalkan, kan? Namun, dengan menggunakan asuransi perjalanan, Anda tak perlu risau. Asuransi perjalanan akan memberi pertanggungan agar Anda tak mengalami kerugian. Masa keterlambatannya beragam, antara 6 hingga 12 jam.

  1. Kehilangan Barang

Anda tak bisa memastikan bahwa barang Anda akan aman, kan? Bisa jadi barang Anda hilang nantinya. Nah, bagi Anda yang memiliki asuransi untuk perjalanan, Anda tak perlu cemas. Tak hanya hilang, barang rusak, atau mengalami keterlambatan juga akan ditanggung oleh pihak asuransi.

  1. Sakit Sewaktu-waktu

Tak ada yang bisa memastikan bahwa Anda akan selalu sehat selama liburan, kan? Bisa jadi sewaktu-waktu Anda sakit. Jika Anda tak membawa uang lebih, pastinya ini sangat membingungkan, kan? Di sinilah travel insurance sangat membantu. Masalah pengobatan dan perawatan semuanya akan ditanggung. Bahkan Anda juga bisa mendapat layanan darurat.

  1. Keringanan yang Didapat Keluarga

Hal-hal buruk memang tidak bisa dipastikan. Anda tak bisa memastikan kapan datangnya masalah menimpa Anda. Misalnya saja Anda mengalami kecelakaan selama liburan dan Anda meninggal. Bila dalam keadaan ini pastinya keluarga Anda membutuhkan biaya besar untuk memulangkan jenazah Anda.

Semua hal yang berkaitan dengan ini akan ditanggung oleh pihak asuransi. Baik itu biaya pemulangan jenazah, biaya kremasi, atau penguburan di lokasi tempat kematian terjadi. Dengan begini, pihak asuransi akan meringankan biaya-baya yang akan ditanggung keluarga.

  1. Dokumen Perjalanan Hilang

Sematang apapun perencanaan Anda saat liburan, namun ada kalanya Anda bisa terkena sialnya. Misalnya paspor Anda tiba-tiba hilang dan lainnya. Padahal, paspor adalah hal yang penting yang membuat Anda tak bisa ke mana-mana. Tapi, dengan travel insurance, dokumen perjalanan Anda yang hilang akan ditanggung biaya penerbitan kembalinya.

  1. Perlindungan Rumah atau Tempat Tinggal

Tak hanya melindungi diri Anda dan barang bawaan Anda, asuransi untuk perjalanan ini juga bisa memastikan perlindungan terhadap rumah dan tempat tinggal Anda selama di perjalanan. Ini sangat bermanfaat apalagi bila rumah Anda dibiarkan kosong. Bisa jadi rumah Anda disatroni pencuri saat ditinggal pergi. Jadi, bila ada kerugian, semuanya akan ditanggung.

  1. Travelling ke Negara Visa Schengen

Bila Anda menggunakan Visa Schangen, Anda bisa melakukan penjelajahan ke negara dengan bebas. Jalan-jalan jadi lebih praktis dengan ini. Namun, syarat dalam memiliki visa ini adalah Anda harus memiliki asuransi untuk perjalanan. Jika tidak, maka permintaan mengajukan bisa ini akan ditolak.

Nah, itulah beberapa alasan yang mengharuskan Anda memiliki travel insurance. Banyak sekali, kan? Namun, ada yang harus Anda ingat. Asuransi ini tidak menanggung kerugian akibat terorisme, bunuh diri, AIDS, alkohol dan narkoba maupun kerusuhan di daerah konflik. Jadi, tak semua bisa ter-cover oleh pihak asuransi untuk perjalanan Anda.

Like and Share ya 🙂