5 Tips Merawat Laptop dengan Baik agar Tidak Mudah Rusak

5 Tips Merawat Laptop dengan Baik agar Tidak Mudah Rusak

Jika dirawat dengan baik, sebetulnya laptop memiliki usia pakai yang sangat panjang bahkan bisa lebih dari 5 tahun. Tetapi, cara orang dalam merawat laptopnya berbeda-beda. Ada beberapa orang yang memang bisa merawat laptop dengan baik, dan ada juga yang hanya menggunakan laptop sekedarnya saja sehingga kurang bisa merawatnya dengan baik dan benar.

Cara merawat laptop sebetulnya tidak terlalu sulit dan bahkan bisa dilakukan dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ketika menggunakan laptop. Salah satu kebiasaan buruk tersebut adalah menggunakan laptop di atas kasur.

Penggunaan yang salah seperti itu cenderung akan membuat usia pakai laptop semakin menurun. Alasannya karena dengan menggunakan laptop di atas kasur akan menghambat ventilasi udara panas dari laptop yang keluar ke bagian bawah. Hal ini mengakibatkan suhu laptop menjadi cepat panas. Jika dibiarkan terus menerus tentu saja akan merugikan bahkan bisa berbahaya.

Nah, agar usia pakai laptop bisa lebih awet dan bertahan lama, ada beberapa cara untuk merawat laptop dengan baik dan benar seperti berikut ini.

Jauhkan laptop dari makanan dan minuman

Kebiasaan ngopi sambil ngetik memang akan membuat kamu nyaman dan bisa mendapatkan ide-ide tulisan dengan lebih lancar. Apalagi jika kamu sedang diburu oleh deadline. Namun, secara tidak sadar justru kebiasaan ini cukup berisiko. Bisa saja kamu tidak sengaja menumpahkan air minum atau air kopi yang berakibat laptop menjadi rusak.

Jika sudah dalam kondisi darurat seperti itu pasti kamu butuh laptop pengganti. Tenang, meski tak ada tabungan tetap bisa membeli laptop dengan cara kredit online dari Kredivo.

Kamu bisa memilih bayar dalam 30 hari tanpa bunga, atau cicilan dengan tenor 3, 6, hingga 12 bulan. Bunga yang dikenakan dalam opsi cicilan terbilang sangat rendah dibandingkan kredit online sejenis. Bahkan jauh lebih rendah 50% dari perusahaan non bank lainnya yang bisa mencapai 1% per hari. Kredivo sudah bekerja sama dengan lebih dari 200 e-commerce sehingga kamu punya banyak pilihan untuk belanja online.  Menariknya lagi, kini pengguna cicilan sudah bisa menikmati fasilitas Pinjaman Tunai dari Kredivo, sehingga limit yang diberikan bukan hanya bisa digunakan untuk mencicil barang secara online, melainkan juga bisa dicairkan dalam bentuk dana tunai.

Proses pendaftarannya kredit online Kredivo mudah dan enggak ribet. Semua bisa dilakukan juga secara online lewat https://www.kredivo.com/. Download sekarang aplikasinya melalui Google Play Store dan App Store untuk mendapatkan kemudahan kredit online laptop pengganti dalam kondisi darurat.

Gunakan antivirus

Jika laptop digunakan untuk mengakses internet, sebaiknya pasang antivirus untuk menjaga agar laptop kamu tidak diserang virus atau malware yang berbahaya sehingga membuat data-data kamu bisa dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, antivirus juga bisa melindungi laptop kamu dari aplikasi atau software yang bisa saja disusupi oleh virus. Apalagi jika kamu sering mengunduh film-film gratisan dari internet. Dengan menggunakan antivirus kamu akan mendapatkan notifikasi untuk mengunduh dari tempat yang aman.

Jauhkan laptop dari hewan peliharaan

Kalau kamu memang memiliki hewan peliharaan, pastikan untuk menjauhkannya dari mereka. Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing memiliki kuku yang tajam. Bisa saja kuku mereka secara tidak sengaja menggores layar laptop.

Jika hal itu terjadi, tentu saja sangat fatal akibatnya. Salah satu part paling mahal sebuah laptop selain motherboardnya juga lcdnya. Harga lcdnya bahkan bisa hampir setengah dari harga laptop

Rawat baterai dengan rajin dikalibrasi

Penggunaan laptop seringkali terkendala dengan baterai yang mulai menurun kemampuannya. Cara merawat baterai laptop sebetulnya tidak berbeda jauh dengan cara merawat baterai smartphone.

Usahakan untuk mencabut baterai jika laptop digunakan dalam waktu yang cukup lama di rumah. Gunakan baterai tanpa tercolok dengan sumber listrik. Jika terpaksa menggunakan laptop sambil mengisi baterai, pastikan jangan overcharging agar baterai tetap bisa menyimpan daya dengan maksimal.

Selain itu, salah satu cara memelihara baterai laptop adalah dengan cara rajin mengkalibrasinya. Caranya adalah menggunakan laptop secara normal sampai baterainya tersisa 0 persen. Kemudian isi ulang daya baterainya hingga 100% tetapi dalam kondisi laptop mati.

Bersihkan laptop secara rutin

Salah satu cara untuk menghindarkan laptop dari debu adalah menggunakannya dalam ruangan berpendingin. Bersihkan laptop dengan kain halus dan kering. Hindari menggunakan cairan yang berlebihan.

Jika sempat, kamu juga bisa menggunakan vacuum mini untuk menyedot debu-debu dari sela-sela kipas maupun sela-sela keyboard yang tidak terjangkau dengan lap kering biasa. Cara seperti ini efektif untuk menjaga suhu laptop normal saat digunakan.

Itulah beberapa cara merawat laptop dengan benar. Beberapa laptop dengan spesifikasi tinggi kerap kali membutuhkan perawatan extra. Usia pakai laptop akan lebih awet jika kita bisa merawatnya dengan baik.

Like and Share ya 🙂