4 Pertimbangan Dalam Mendesain Dapur

Salah satu kriteria rumah yang baik dan indah dipandang adalah rumah yang seluruh ruangan tertata dengan baik. Selain itu ruangan rumah harus sesuai dengan konsep rumah yang direncanakan ketika membuatnya. Salah satu ruangan rumah yang desain dan penataanya tidak boleh luput dari perhatian adalah dapur. Dapur adalah salah satu ruangan rumah yang akrab dengan kotoran.Berbagai kotoran ada di sana seperti sisa makanan, bekas pembungkus bumbu, sisa sayuran yang disisihkan ketika memasak, dan masih banyak lagi. Dapur jika ditata dan diatur dengan baik bisa jadi akan menjadi ruangan yang kumuh.

Banyak hal yang harus diperhatikan dan dipikirkan masak-masak ketika mendesain dapur. Dalam artikel ini Desain Rumah Minimalis akan berbagi tentang 4 hal yang harus dipertimbangkan ketika menata dapur agar dapur bisa berfungsi dengan baik sebagai tempat memasak dan selain itu tetap indah dipandang mata. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus menjadi bahan pertimbangan kita.

Gambar Desain Dapur Minimalis Terbaru

  1. Desain harus menunjang fungsi utama dapur, yaitu untuk memasak.

Sebelum berbicara factor estetika atau keindahan dapur, alangkah baiknya desain penataan dapur dapat memudahkan fungsi utama sebuah dapur, yaitu untuk aktifitas memasak. Jangan sampai dapur mempunyai tampilan dan pernak-pernik yang indah tetapi justru menyulitkan ketika dipergunakan untuk memasak.

Perabotan dan peralatan dapur diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan ketika memasak. Misalnya letak tempat mencuci peralatan kotor yang sudah dipergunakan memasak tterletak jauh dari kompor, hal tersebut tentu menyulitkan kita ketika memasak. Selain itu letak lemari tempat menyimpat alat-alat seperti pisau gelas, piring dan sebagainya harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak merepotkan ketika memasak. Meja dapur sebaiknya juga memiliki ketinggian yang tepat. Jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah sehingga kita bisa memasak dengan nyaman.

  1. Desain dapur harus memperhatikan aspek Keamanan.

Aspek keamanan harus lebih dahulu diperhatikan ketika mendesain dapur. Misalnya, dapur harus ramah anak. Terutama jika si pemilik rumah mempunyai anak yang masih kecil. Letak kompor yang terlalu rendah mempunyai potensi tidak aman bagi anak kecil jika suatu waktu pengasuh atau orang tua anak tersebut lengah dalam menjaganya. Tentu kita tidak ingin hal tersebut terjadi kepada buah hati kita bukan?

Contoh yang lain, tabung gas LPG harus terletak di tempat yang aman dan dikelilingi tembok yang kokoh. Sehingga jika suatu saat terjadi hal yang tidak kita inginkan langkah tersebut bisa meminimalisasi dampak buruk dari kejadian tersebut.

Desain Dapur Putih Dekorasi Dapur Rumah Minimalis Modern

  1. Desain dapur harus memperhatikan aspek Kebersihan.

Kebersihan adalah suatu hal wajib kita jaga agar rumah kita nyaman dihuni. Begitu juga dengan dapur,penataan dapur harus mempertimbangkan aspek kebersihan. Kita pasti tidak ingin memiliki rumah yang indah tetapi dapurnya kotor.

Instalasi saluran air untuk dapur harus direncanakan dengan baik,baik untuk saluran air kotor maupun air bersih. Sistem saluran air yang salah akan menyebabkan kebersihan dapur dan rumah tertanggu, dan lebih buruk lagi akan mengganggu kesehatan penghuninnya. Selain itu dapur harus memiliki tempat sampah yang memadahi. Tempat sampah harus bisa menampung sampah padat dan sampah cair. Seringkali kita lihat tidak ada pengaturan yang baik dalam hal tersebut, sampah cair jika bercampur dengan sampah padat akan menghasilkan aroma yang tidak sedap.

  1. Desain dapur harus memperhatikan aspek Keindahan

Setelah ketiga aspek di atas terpenuhi, baru kita pikirkan masalah keindahan dapur. Dapur juga harus indah dipandang supaya juru masak bisa betah dan nyaman ketika beraktifitas di dapur.

Nah, demikian tadi adalah 4 Hal yang harus diperhatikan ketika mendesain dapur minimalis. Semoga artikel ini bemanfaat bagi pembaca.

Like and Share ya 🙂