Tips Berikan Susu Bayi untuk Bayi Prematur

3 Tips Berikan Susu Bayi untuk Bayi Prematur yang Harus Anda Tahu

Normalnya, seorang ibu mengandung janin selama sembilan bulan lebih sepuluh hari. Namun, pada beberapa kasus yang memang seringkali terjadi, ada ibu yang mengandung kurang dari sembilan bulan sehingga membuat bayinya prematur. Bayi ini memerlukan penanganan khusus termasuk dengan susu bayi untuknya. Lalu, bagaimana caranya?

  1. Berikan dengan Sendok

Bayi dengan kelahiran prematur biasanya memiliki tubuh lebih kecil dan berat lebih ringan dibandingkan bayi normal. Untuk hari-hari pertama kehidupannya, disarankan untuk memberikan susu kepada bayi dengan menggunakan sendok. Soalnya, tak seperti bayi yang usia kandungannya normal, bayi prematur belum memiliki refleks mengisap yang baik.

Sebaiknya, berikanlah ASI pada buah hati Anda yang prematur. Mengapa? Sebab, mereka butuh jauh lebih banyak nutrisi demi kelancaran pertumbuhannya yang semuanya terkandung dalam ASI. Meskipun susu formula bagus, tapi kurang memenuhi kebutuhan bayi prematur. Namun, bila terpaksa karena ASI tidak keluar, mau tak mau harus menggunakan susu formula.

Baik itu ASI maupun sus formula, tetap berikan menggunakan sendok untuk beberapa hari utamanya. Bayi yang tak punya refleks mengisap tak bisa memperoleh asupan gizi jika tidak dibantu. Berikanlah mereka sebanyak 8 kali dalam satu hari untuk memenuhi kebutuhannya. Jangan pernah abaikan tips pertama ini.

  1. Jangan Memberikan Botol

Masih lanjutan dari cara pertama dan sekali lagi ditekankan, bagi bayi prematur yang diberikan susu formula, dilarang memberikan susu menggunakan botol. Pasalnya, pemberian susu menggunakan botol berpotensi besar membuat mereka tersedak. Anda harus menyadari betul-betul bahwa risiko tersedak ini bisa berakibat fatal untuk kesehatan seorang bayi prematur.

Sekali lagi, meskipun menggunakan sendok lebih terlihat berisiko, nyatanya salah. Menggunakan sendok jauh lebih mana dibandingkan memberikan susu menggunakan botol dot. Menggunakan sendok akan membuat bayi mengisap sedikit demi sedikit. Sedangkan dengan dot, air susu akan selalu turun melalui lubang pada dot meskipun bayi sudah kenyang.

  1. Arahkan Puting pada Bayi

Nah, setelah bayi berusia lebih kurang seminggu lebih, atau setidaknya sudah memiliki berat badan yang cukup, Anda bisa mencoba mengarahkan puting pada si bayi. Cara ini digunakan untuk mengajari bayi perlahan mengisap dengan baik. Walaupun membutuhkan waktu yang tak sedikit, melakukan ini secara perlahan akan membuat bayi bisa mengisap ASI langsung.

Selain itu, dengan membiarkan mereka mengisap langsung ASI dari puting ibu juga akan mengurangi infeksi pada bayi yang disebabkan oleh wadah yang kurang higienis seperti sendok yang tidak bersih dan lainnya. Memberikan ASI pada bayi prematur memang butuh kesabaran ekstra, tapi untuk bayi Anda, tak masalahkan bila Anda berusaha mencoba?

Perlu Anda ketahui juga, memberikan ASI pada bayi prematur juga akan membantu bayi mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk perkembangannya. Dibanding memberikan susu formula, ASI jauh lebih baik. Selain itu, pemberian ASI juga akan menumbuhkan kedekatan emosional antara bayi dan ibunya. Hal ini akan sangat berdampak positif bagi perkembangan snag bayi.

Nah, sudah menemukan cara yang tepat dalam pemberian susu bayi yang benar untuk anak Anda? Tak masalah apakah itu ASI atau bukan, tetap harus berikan yang terbaik. Bila Anda terpaksa memberikan bayi susu formula, Anda bisa dapatkan susu formula yang bagus di Orami.co.id. Di sini tersedia berbagai jenis susu formula terbaik untuk buah hati Anda.

Like and Share ya 🙂